SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disebut Bocorkan Data Pengguna, Begini Pembelaan Aplikasi Video Call Zoom

Selasa, 31 Maret 2020 10:42 by zia92 | 513 hits
Disebut Bocorkan Data Pengguna, Begini Pembelaan Aplikasi Video Call Zoom
Image source: CNET

DREAMERS.ID - Selama melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah di tengah pandemi virus corona ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi video call atau video konferensi untuk telap lancar berkomunikasi.

Zoom adalah salah satu platform yang banyak digunakan untuk rapat online dan sejenisnya. Namun sayangnya ada laporan yang mengatakan bahwa Zoom mengirimkan data zona waktu, lokasi, dan perangkat Facebook saat pengguna Zoom yang memiliki akun Facebook atau tidak membuka aplikasi itu.

Melansir The Verge, CEO Zoom Eric S. Yua mengatakan Zoom menerapkan fitur 'Login dengan Facebook' menggunakan kit pengembangan perangkat lunak Facebook (SDK) untuk iOS. Menurutnya, Facebook SDK mengumpulkan informasi perangkat yang tidak perlu bagi Zoom dalam menyediakan layanan. 

Baca juga: Video Call Grup Lebih Enak Pakai WhatsApp, Zoom, atau Google Hangouts?

Terkait hal itu, Yuan mengatakan data yang dikumpulkan tidak termasuk informasi pengguna pribadi, melainkan informasi tentang perangkat pengguna. Namun, dia berkata pengguna harus memperbarui aplikasi iOS ke versi terbaru agar data yang dianggap bocor ke Facebook itu tidak terjadi kembali.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas keprihatinan yang disebabkan ini dan tetap berkomitmen kuat untuk melindungi privasi pengguna kami," kata Yuan, mengutip CNN. "Kami sedang meninjau proses dan protokol kami untuk mengimplementasikan fitur-fitur ini di masa depan untuk memastikan ini tidak terjadi lagi," tambahnya.

Selain itu, Zoom juga membantah membagikan informasi sensitif, seperti nama pengguna, email, dan nomor telepon kepada Facebook. Mereka mengatakan hanya membagi data tentang perangkat pengguna seperti jenis dan versi OS seluler, zona waktu perangkat, perangkat OS, model perangkat dan operator, ukuran layar, inti prosesor, dan ruang disk.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hari ini Sabtu (23/05) pengulat berdarah Jepang Indonesia, Hana Kimura dikabarkan telah meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, yaitu 22 tahun. Hal ini diumumkan secara langsung dari Manajemen pegulat Stardom lewat akun Twitter....
  • HOT !
    Lokasi wisata populer untuk penggemar musik K Pop khususnya fans dari artis SM Entertainment yaitu SMTOWN Coex Artium, sudah lama dibicarakan akan tutup. Sampai pada akhirnya, SM Entertainment mengeluarkan pengumuman secara resmi....
  • HOT !
    Pandemi Covid 19 tak menghalangi kreativitas untuk berkarya. Baru baru ini supermodel Naomi Campbell melakukan pemotretan sampul majalah dengan cara yang unik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)