home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Boleh Sembarangan, Ini Tips Penggunaan Disinfektan yang Tepat

Selasa, 31 Maret 2020 10:00 by Rie127 | 764 hits
Tidak Boleh Sembarangan, Ini Tips Penggunaan Disinfektan yang Tepat
Image Source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Sebelumnya WHO telah mengingatkan masyarakat untuk tidak menyemprotkan caira disinfektan ke badan atau kulit secara langsung. Hal ini dikarenakan bahan kimia seperti alkohol dan klorin yang terkandung dalam cairan disinfektan dapat membuat iritasi pada kulit.

Selain itu, menurut WHO  menyemprotkan disinfektan ke tubuh manusia, sebetulnya tidak bisa membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Hanya mampu meenghilangkan virus, bakteri dan juga kuman yang menempel di pakaian atau tubuh.

“Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut”.  tulis cuitan dari akun resmi WHO Indonesia di Twitter WHO, Minggu (29/3).

Baca juga: Tuai Kritikan, Donald Trump Katakan Bahwa Saran Suntik Disinfektan Hanya Sarkas

Karena hal ini, masyarakat harus dapat menggunakan cairan disinfektan dengan benar agar tidak membahayakan kesehatan. Apalagi, saat ini masyarakat juga sering memuat disinfektan sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Dikutip dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, berikut ini merupakan panduan penggunaan disinfektan yang tepat agar tidak membahayakan kesehatan.

1. Gunakan alat pelindung diri, khususnya sarung tangan dan masker.
2. Bersihkan permukaan barang dengan menggunakan air dan sabun.
3. Siapkan tisu, kain mikrofiber, kain pel, serta cairan disinfektan dengan kandungan hipoklorit 0,1-0,5 persen atau chloroxylenol 2,5-5 persen.
4. Rendam kain mikrofiber dan kain pel ke dalam disinfektan. Lap pada permukaan datar dan barang yang paling disentuh tangan. Diamkan selama selama 10 menit. Kemudian seka dengan lap kering dan bersih.
5. Untuk botol sprayer: Semprotkan cairan disinfektan pada tisu dan lap secara zig-zag atau memutar dari tengah keluar.
6. Setelah selesai, lepaskan APD. Cuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air mengalir.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Para ahli saat ini masih meneliti perkembangan virus COVID 19 dan ciri ciri yang ditunjukkan oleh pasien yang positif terinfeksi virus tersebut. Awalnya batuk, flu, dan demam menjadi salah satu ciri orang terinfeksi COVID 19. Namun, studi terbaru menunjukkan anosmia merupakan gelaja paling khas....
  • HOT !
    Semakin meluasnya pandemi COVID 19 membuat negara negara memperketat seluruh akses keluar dan masuk dari suatu wilayah atau negara. Salah satunya Korea Selatan, negara yang sering menjadi pilihan wisatawan untuk berlibur....
  • HOT !
    Baru baru ini kue odading Mang Oleh menjadi viral di media sosial setelah unggahan video dalam akun media sosial Ade Londok, di mana Ade mempromosikan kue jualannya dalam bahasa Sunda dengan nada bicara yang lantang dan lucu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)