home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aplikasi Pelacak Pasien Corona Resmi Diluncurkan, Begini Cara Kerjanya

Senin, 30 Maret 2020 20:47 by zia92 | 11484 hits
Aplikasi Pelacak Pasien Corona Resmi Diluncurkan, Begini Cara Kerjanya
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Aplikasi buatan pemerintah yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk melacak pasien virus corona (Covid-19) akhir resmi diluncurkan. Saat ini, aplikasi bernama PeduliLindungi tersebut baru tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android.

PeduliLindungi dibuat untuk mengawasi pasien positif corona (Covid-19) di Indonesia, di mana lewat aplikasi ini, warga yang terinfeksi Covid-19 bakal terlacak. Bekerjasama dengan para operator seluler, lokasi pasien akan ditelusuri selama 14 hari ke belakang, melacak lokasi saat ini, dan mencegah pasien melewati wilayah karantina.

Cara kerja aplikasi ini cukup mudah. Setelah mengunduh, buka aplikasi dan klik Jadi Partisipan yang berada di paling bawah beranda. Lalu masukan nama lengkap dan nomor ponsel yang aktif untuk dikirimi kode OTP. Masukkan kode OTP dan klik Verifikasi.

Setelah itu akan muncul kalimat, "PeduliLindungi butuh data Anda untuk menghentikan penyebaran Corona (Covid-19)". Di bagian bawah kalimat awal, ada juga kalimat yang tertulis, "Kami memerlukan data Nomor Handphone Anda. Kami memerlukan data Anda agar kami dapat segera menghubungi Anda jika ditemukan adanya riwayat kontak dengan seseorang yang terinfeksi Corona (Covid-19)". Lalu klik Saya Setuju.

 Aplikasi membutuhkan akses Bluetooth, klik Lanjutkan Pengaturan lalu klik opsi Allow (izinkan). Dan kamu pun sudah berhasil menjadi partisipan PeduliLindungi.

Pada bagian beranda aplikasi, pengembang mengimbau kepada masyarakat untuk mengaktifkan PeduliLindungi saat bepergian dan berada di fasilitas umum seperti di bus, kereta, bahkan saat rapat atau di pusat keramaian. Ada juga opsi ajak teman dan keluarga untuk mengunduh aplikasi serta pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi PeduliLindungi.

Pengguna akan disodorkan beberapa pertanyaan umum seperti Cara Kerja PeduliLindungi, Bagaimana dengan Kerahasiaan Pribadi (Privacy)?, Kapan saya harus memeriksakan diri?, Bagaimana cara mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), dan Cara Penggunaan Aplikasi.

Terkait keamanan data pribadi atau Privacy, pengembang menegaskan bahwa data yang dikumpulkan adalah identitas gadget dan waktu saat pengguna berada dalam radius yang dekat dengan gadget lain yang terinstall aplikasi PeduliLindungi.

Mengutip dari Detik, aplikasi akan merekam data proximity satu perangkat dengan perangkat lainnya tersebut dalam format yang terenkripsi. Pengembang kembali menegaskan bahwa aplikasi tidak merekam data geolokasi. Selain itu nomor ponsel yang didaftarkan akan direlasikan dengan ID acak di dalam server yang aman. Data juga tidak akan diakses kecuali pengguna dalam risiko tertular Covid-19.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Lemon yang terasa asam banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan. Namun pernahkah anda mengetahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi air dari lemon justru dapat menimbulkan beberapa masalah lho, Dreamers....
  • HOT !
    Setelah pada November 2019 lalu WhatsApp telah merilis fitur katalog untuk membatu pengguna akun bisnis, di mana fitur tersebut hanya sebatas menampilkan etalase produk yang dijual tanpa transaksi. Kini, WhatsApp telah menyempurnakan fitur katalog tersebut dengan merilis fitur belanja....
  • HOT !
    Kimchi merupakan makanan tradisional makanan yang wajib ada di rumah setiap warga Korea. Namun, masyarakat Korea Selatan kini mengalami krisis kimchi akibat cuaca ekstrim yang menyapu bersih ladang kubis....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)