SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kominfo Siapkan Aplikasi PeduliLindungi untuk Lacak Pasien Corona

Jumat, 27 Maret 2020 12:10 by zia92 | 668 hits
Kominfo Siapkan Aplikasi PeduliLindungi untuk Lacak Pasien Corona
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pemerintah masih terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat tentang penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia. Kali ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah menyiapkan aplikasi untuk melacak pasien corona.

Diberi nama PeduliLindungi, aplikasi sejenis Trace Together milik Singapura itu punya kemampuan mengawasi pasien positif corona di Indonesia selama 14 hari ke belakang. Namun Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo Ahmad Ramli mengatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi ini dikembangkan di Indonesia sehingga tidak bisa dikatakan sama dengan Trace Together. Meski begitu, kemampuannya diklaim tidak kalah baik dengan yang di Singapura.

Aplikasi ini akan tersedia beberapa hari ke depan di toko aplikasi digital. Namun tidak dijelaskan tersedia di Google Play Store atau App Store. Aplikasi PeduliLindungi memiliki konsep trace together atau penelusuran bersama yang membuat aplikasi bisa mengingatkan orang-orang yang berinteraksi dengan pasien corona.

Baca juga: Aplikasi Pelacak Pasien Corona Resmi Diluncurkan, Begini Cara Kerjanya

"Trace together dimaksudkan untuk melindungi setiap orang yang pernah berada di sekitar orang terinfeksi corona di mana yang bersangkutan mungkin tidak mengetahui atau menyadari. Aplikasi ini akan mengingatkan yang bersangkutan untuk melakukan langkah-langkah sesuai petunjuk petugas kesehatan yang dikirim via pesan seluler," ujar Ramli, mengutip CNN Indonesia.

Sebelumnya, Menkominfo Johnny G. Plate menjelaskan aplikasi ini akan terintegrasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kemenkominfo, dana Kementerian Kesehatan. "Karena data pasien ada di Kemenkes yang akan melakukan penelusuran, pelacakan, dan pengurungan," katanya. Johnny mengatakan aplikasi akan meminta nomor ponsel pengguna secara sukarela sebelum memulai pelacakan. Dari situ, aplikasi bisa mulai mencatat rekam jejak mobilitas pengguna.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hari ini Sabtu (23/05) pengulat berdarah Jepang Indonesia, Hana Kimura dikabarkan telah meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, yaitu 22 tahun. Hal ini diumumkan secara langsung dari Manajemen pegulat Stardom lewat akun Twitter....
  • HOT !
    Lokasi wisata populer untuk penggemar musik K Pop khususnya fans dari artis SM Entertainment yaitu SMTOWN Coex Artium, sudah lama dibicarakan akan tutup. Sampai pada akhirnya, SM Entertainment mengeluarkan pengumuman secara resmi....
  • HOT !
    Pandemi Covid 19 tak menghalangi kreativitas untuk berkarya. Baru baru ini supermodel Naomi Campbell melakukan pemotretan sampul majalah dengan cara yang unik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)