SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Carrier Corona, Si Penyebar Virus Tanpa Merasakan Gejala Sakit

Jumat, 27 Maret 2020 08:00 by Rie127 | 1317 hits
Carrier Corona, Si Penyebar Virus Tanpa Merasakan Gejala Sakit
Image Source: Kompasiana

DREAMERS.ID - Hingga kini, Indonesia telah mencatat 893 kasus virus corona, 78 kasus kematian karena virus corona, dan 35 pasien yang terinfeksi virus corona telah dinyatakan sembuh. Penyebaran yang semakin meluas ini, diperkiraan karena adanya ‘carrier corona’ yang dapat menyebarkan virus ke orang lain.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia Profesor Zubairi Djoerban menjelaskan istilah carrier pertama kali muncul pada tahun 1880 saat seorang tukang masak di Amerika Serikat tampak sehat tapi menderita tifoid.


“Ada perempuan bernama Mary Mallon dia membawa kuman tifoid tapi tidak sakit dan bisa menularkan," kata Zubairi dikutip dari CNNIndonesia.

Sejak saat itu, para ahli mulai menemukan sejumlah penyakit yang dapat menginfeksi seseorang tanpa menimbulkan gejala atau terlihat normal. Termasuk, yang terbaru pada virus corona.

Carrier corona adalah orang yang memiliki atau terinfeksi virus corona tetapi tidak memiliki gejala atau disebut asimtompatis. Mereka akan terlihat seperti orang sehat, tidak merasa sakit atau memiliki gejala yang sangat ringan, namun dapat menularkan orang lain.

Baca juga: Catat! Akses Jalan Tol Hingga KRL di Jabodetabek Ini Akan Segera Ditutup Demi Memutus Rantai Penyebaran Corona

Sedangkan silent carrier corona adalah pembawa virus corona dan tidak mengetahui dirinya membawa virus tersebut. Sementara itu, dokter spesialis paru Rumah Sakit Persahabatan Erlang Samoedro mengatakan keberadaan carrier corona dapat mencapai 10 persen.


“Sampai saat ini belum ada angkanya, tapi diperkirakan 10 persen. Siapa saja bisa menjadi carrier terutama yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19” kata Erlang.

Erlang menjelaskan setiap orang dapat menjadi carrier, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Namun, diperkirakan orang dewasa dan remaja lebih memiliki potensi untuk menjadi carrier karena memiliki imunitas yang lebih kuat.

Seorang carrier corona diperkirakan dapat membawa virus corona hingga 14 hari. Jika imun tubuh seseorang yang terkena virus kuat, maka akan dapat melawan dan menetralisir virus sehingga akan sembuh dengan sendirinya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Saat ini, masyarakat Korea Selatan tengah bersiap untuk menyambut musim semi. Tak hanya suka cita melihat mekarnya bunga sakura, orang Korea ternyata juga kerap menyajikan makanan khas musim semi. Dari sekian banyak kuliner Korea, Hwajeon termasuk yang paling populer dan sering di santap saat menyambut musim semi....
  • HOT !
    Aplikasi buatan pemerintah yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk melacak pasien virus corona (Covid 19) akhir resmi diluncurkan. Saat ini, aplikasi bernama PeduliLindungi tersebut baru tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android....
  • HOT !
    Sama pentingnya seperti anjuran rajin mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh, menjaga kuku tetap pendek selama pandemi virus corona ini juga bisa mengurangi penyebaran Covid 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bebhmuach
Cast : Main Cast : Kim Taehyung (BTS) - Lee Yoo Bi (OC) ~~ Support Cast : Byun Baekhyun (EXO)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)