SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kehilangan Indra Perasa Hingga Mata Merah, Hati-hati Juga Dengan Gejala Ringan Corona Ini

Kamis, 26 Maret 2020 14:50 by zia92 | 1174 hits
Kehilangan Indra Perasa Hingga Mata Merah, Hati-hati Juga Dengan Gejala Ringan Corona Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Salah satu hal yang paling dikhawatirkan dari penyebaran virus corona (Covid-19) adalah gejalanya yang ringan, bahkan ada yang tidak bergejala sama sekali. Setelah kontak dengan pasien positif, pada beberapa orang muncul gejala seperti batuk ringan dan demam. Beberapa juga mengalami sesak napas.

Namun ada juga beberapa gejala ringan selain yang sering disebutkan dan dilaporkan dialami oleh mereka yang kemudian didiagnosis positif virus corona. Berikut di antaranya mengutip dari laman Mirror melalui Detik.

1. Kehilangan indra perasa dan penciuman

Asosiasi Otorhinolaryngology Inggris memperingatkan bahwa kehilangan indra penciuman dan perasa bisa menjadi salah satu gejala virus corona. Telah disebutkan juga bahwa kehilangan indra bisa jadi disebabkan karena adanya virus corona di hidung dan tenggorokan. Beberapa pasien usia muda juga dilaporkan terjangkit virus corona setelah kehilangan indra perasa dan penciuman mereka.

2. Kelelahan fisik

Gejala umum lain di luar flu, batuk, dan demam, pasien biasanya merasa mudah lelah. Anjuran beristirahat adalah hal biasa ketika sakit, namun kelelahan yang dimaksud terjadi karena tidak bisa tidur lantaran sulit bernapas karena batuk. Jaimuay Sae-ung (73) warga negara Thailand pertama yang terjangkit virus corona pada Desember tahun lalu mengatakan merasa sedikit lelah dan tidak bisa makan.

3. Kelelahan mental

Meski belum resmi dicatat sebagai gejala Covid-19, banyak pasien melaporkan mengalami kelelahan mental. Salah satu pasien, Thea Jourdan mengatakan kepada The Daily Mail bahwa dia pertama kali berpikir dia mungkin terinfeksi ketika dia merasakan rasa geli di tenggorokan dan sakit kepala. Ibu tiga anak itu kemudian mulai mengalami kabut otak atau brain fog yang ditandai dengan sering lupa dan sulit fokus.

Baca juga: Ternyata Sudah Ratusan Ribu Pekerja Di-PHK Selama Wabah Virus Corona di Jakarta

4. Kehilangan nafsu makan

Pada tingkat berbeda, mereka yang positif corona mengeluh kehilangan nafsu makan. Beberapa di antaranya tidak tertarik dengan makanan favorit mereka dan tidak sedikit yang tak punya nafsu makan sama sekali.

5. Sakit perut dan diare

Sebuah studi yang baru diterbitkan oleh American Journal of Gastroenterology mengaitkan masalah perut dengan Covid-19. Mereka menemukan bahwa 48,5 persen dari 204 orang yang telah terinfeksi oleh coronavirus di provinsi Hubei China memiliki gejala pencernaan seperti diare.

6. Mata merah

Beberapa waktu lalu, seorang perawat asal Amerika Serikat, Chesley Earnest, membagikan kisahnya yang menakutkan saat menangani pasien virus corona. Ia mengatakan hampir semua pasien bergejala sedang-berat memiliki mata yang memerah. "Ada pasien yang hanya memiliki mata merah sebagai satu-satunya gejala yang kami lihat di rumah sakit, dan ia telah meninggal," ucapnya.

Setelah itu American Academy of Ophthalmology mengirimkan peringatan kepada semua tenaga medis bahwa virus corona dapat menyebabkan konjungtivitis. Artinya mata dan sekitarnya menjadi merah, sehingga mereka perlu lebih hati-hati dalam merawat pasien agar tidak tertular.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Menyikapi rekomendasi yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah sudah menyampaikan kepada masyarakat akan perlunya memakai masker guna mencegah penyebaran virus corona (Covid 19)....
  • HOT !
    Di tengah pandemi virus Covid 19 atau virus corona, belakangan minuman dalgona coffee menjadi viral karena mudah dibuat di rumah. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengaku tidak kuat terhadap kafein padahal ingin mencoba minum hits asal Korea Selatan tersebut....
  • HOT !
    Tak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan yang diprediksi masih di tengah penyebaran wabah virus corona atau COVID 19. Ini adalah bulan di mana umat muslim menjalankan ibadah puasa yang tentu saja berbelas jam tidak mendapat asupan makan dalam tubuh....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)