SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stay Relax and Drink Tea! Yuk Tenangkan Pikiran dengan Berbagai Jenis Teh Ini

Kamis, 26 Maret 2020 09:00 by zia92 | 412 hits
Stay Relax and Drink Tea! Yuk Tenangkan Pikiran dengan Berbagai Jenis Teh Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Rasa panik dan cemas di tengah wabah virus corona ini bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu lho! Karena itu, selain melakukan physical distancing, kita juga sebaiknya melakukan social media distancing untuk mengurangi asupan informasi terkait Covid-19.

Dibanding terus berkutat dengan smartphone dan media sosial, sebaiknya melakukan hal yang lebih membuat rileks, contohnya menyeruput secangkir teh hangat. Mengutip CNN, berikut adalah beberapa jenis teh yang bisa menenangkan pikiran dan juga tubuhmu.

1. Teh peppermint

Teh peppermint punya aroma yang bisa mengurangi stres dan meredakan rasa cemas, karena mentol pada peppermint adalah relaksan alami. Saat cemas dan tegang, mentol membantu kita untuk lebih tenang dan kalem. Untuk membuatnya, cukup seduh satu sendok makan teh dengan sekitar 200 mililiter air panas. Diamkan selama 3-4 menit sebelum disaring dan dinikmati.

2. Teh chamomile

Tanaman chamomile biasa dimanfaatkan bunganya untuk dijadikan teh.  Melansir dari Healthline, studi pada 2016 menemukan penggunaan chamomile dalam jangka panjang mengurangi gejala generalized anxiety disorder (GAD) sedang. Menyiapkan teh chamomile tidak sulit. Cukup rendam 3-4 sendok makan chamomile kering dengan sekitar 200 milliter air panas. Diamkan selama 5 menit.

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol untuk melawan stres dan cemas. Namun di satu sisi, teh ini juga mengandung kafein untuk membuat kita tetap waspada dan tidak mengantuk. Studi pada 2017 membuktikan partisipan yang minum teh hijau mengalami kadar stres lebih rendah daripada mereka yang hanya mengonsumsi placebo. Untuk membuatnya, rebus setengah sendok makan serbuk teh hijau dalam satu cangkir air. Rebus hingga daun teh tersisa di dasar wadah.

4. Teh ginseng

Mungkin orang hanya menemukan ginseng pada ramuan obat herbal tradisional Korea. Namun ginseng juga hadir dalam bentuk teh. Pada 2013, studi menunjukkan teh ginseng bisa membantu tubuh melawan efek stres. Studi lain pun membuktikan ginseng bisa mengurangi rasa lelah.

5. Teh mawar

Khasiat lain bunga mawar ternyata bisa membantu meredakan stres dan cemas. Teh mawar bahkan bisa membantu kita tidur nyenyak. Kamu bisa membuat teh mawar sendiri dengan memanfaatkan bunga segar atau yang sudah dikeringkan. Untuk kelopak bunga yang sudah dikeringkan, cukup direndam pada air panas.

Sedangkan jika menggunakan kelopak bunga segar, cuci terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam air mendidih. Setelah beberapa menit, matikan api dan diamkan selama 5-10 menit hingga kelopak mawar berubah gelap.

6. Teh lemon balm

Lemon balm (Melissa officinalis) merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga mint. Aromanya yang lembut dipadu aroma mint, mampu meredakan stres dan membuat tubuh rileks tanpa membuat ngantuk. Seduh satu sendok makan lemon balm kering dengan secangkir air panas untuk hasil terbaik.

7. Teh bunga markisa (passion flower)

Teh bunga markisa baik dijadikan obat alami untuk mengatasi stres dan cemas. Bunga ini mengandung komponen anticemas yakni flavone chrysin. Teh bunga markisa juga membantu tidur lebih nyenyak. Meski alami, sebaiknya hindari teh bunga markisa jika sedang menjalani pengobatan juga jika sedang hamil atau menyusui.

Untuk membuatnya, keringkan bunga terlebih dahulu. Bunga kering lalu direndam dalam secangkir air mendidih dan diamkan selama 10 menit.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Menyikapi rekomendasi yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah sudah menyampaikan kepada masyarakat akan perlunya memakai masker guna mencegah penyebaran virus corona (Covid 19)....
  • HOT !
    Di tengah pandemi virus Covid 19 atau virus corona, belakangan minuman dalgona coffee menjadi viral karena mudah dibuat di rumah. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengaku tidak kuat terhadap kafein padahal ingin mencoba minum hits asal Korea Selatan tersebut....
  • HOT !
    Tak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan yang diprediksi masih di tengah penyebaran wabah virus corona atau COVID 19. Ini adalah bulan di mana umat muslim menjalankan ibadah puasa yang tentu saja berbelas jam tidak mendapat asupan makan dalam tubuh....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)