SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Tandanya Jika Virus Corona Mulai Pengaruhi Kesehatan Mental

Selasa, 24 Maret 2020 14:30 by zia92 | 747 hits
Ini Tandanya Jika Virus Corona Mulai Pengaruhi Kesehatan Mental
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jumlah informasi terkait virus corona yang masif di pemberitaan maupun media sosial ternyata memiliki dampak pada kesehatan jiwa atau mental. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa mereka merasa sedikit demam, tenggorokan gatal, atau sesak napas ketika terlalu banyak membaca informasi mengenai corona.

Menurut dr Andri SpKJ, FACLP, psikiater Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera, hal itu disebut dengan reaksi psikosomatik. Artinya, wajar terjadi karena rasa cemas timbul setelah membaca terlalu banyak berita negatif tentang virus corona, seperti melihat jumlah kasus kematian yang dilaporkan semakin meningkat.

"Jadi ketidakseimbangan berita ini membuat problem untuk otak kita. Sayangnya otak kita ini lebih responsif sama (hal) negatif. Karena otak kita ini hampir lebih dari 80 persennya lebih mudah menerima hal yang negatif daripada hal positif," ujar dr Andri pada Senin (23/3), mengutip Detik.

Baca juga: Ternyata Sudah Ratusan Ribu Pekerja Di-PHK Selama Wabah Virus Corona di Jakarta

Ia menambahkan, "Jadi ketika cemas itu datang, gejala-gejala virus corona COVID-19 itu bisa tiba-tiba muncul karena diaktifkan oleh sistem saraf otonom kita. Jadi, seolah-olah kita responnya muncul seperti gejala batuk dan kebanyakan tuh sesak napas karena cemas, gatal-gatal rasanya kaya seret lehernya atau sesak.".

Untuk mengurangi gejala psikosomatik, dr Andri menyarankan agar mulai membatasi informasi terkait COVID-19. Selain itu, mulailah untuk melakukan relaksasi 10 menit sehari untuk mengurangi gejala psikosomatik ini. "Pertama kurangi asupan berita, relaksasi yang benar karena relaksasi penting sekali. Relaksasi adalah cara kita mengelola pikiran dan perasaan kita. Minimal 10 menit relaksasi setiap hati," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Menyikapi rekomendasi yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah sudah menyampaikan kepada masyarakat akan perlunya memakai masker guna mencegah penyebaran virus corona (Covid 19)....
  • HOT !
    Di tengah pandemi virus Covid 19 atau virus corona, belakangan minuman dalgona coffee menjadi viral karena mudah dibuat di rumah. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengaku tidak kuat terhadap kafein padahal ingin mencoba minum hits asal Korea Selatan tersebut....
  • HOT !
    Tak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan yang diprediksi masih di tengah penyebaran wabah virus corona atau COVID 19. Ini adalah bulan di mana umat muslim menjalankan ibadah puasa yang tentu saja berbelas jam tidak mendapat asupan makan dalam tubuh....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)