home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Mengapa Buat Hand Sanitizer Sendiri Tidak Disarankan

Sabtu, 21 Maret 2020 11:00 by zia92 | 879 hits
Alasan Mengapa Buat Hand Sanitizer Sendiri Tidak Disarankan
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Virus corona (COVID-19) yang tengah mewabah di Indonesia menciptakan kepanikan tersendiri bagi masyarakat, yang tercermin pada langka dan mahalnya produk-produk seperi masker dan hand sanitizer. Hal ini memicu sebagian orang untuk meracik hand sanitizer sendiri dengan tutorial yang didapat dari internet.

Hand sanitizer DIY (Do It Yourself) rata-rata dibuat dengan komposisi alkohol 70 persen. Menanggapi hal ini, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengatakan tidak bisa sembarangan dalam membuat hand sanitizer.

"Saya sampaikan, bahwa ada standarnya dalam membuat hand sanitizer. Ada komposisinya, ada hitungannya, nanti malah berisiko," jelasnya saat melakukan konferensi pers daring FKUI Peduli Covid-19 pada Jumat (20/3), mengutip Detik.

Baca juga: Beda dengan Anji, Ini Respon Jerinx Usai Dilaporkan IDI ke Polisi

Prof Ari mengingatkan kepada masyarakat, untuk tidak sembarangan mencoba membuat hand sanitizer, jika tidak memiliki pengetahuan mengenai hal tersebut. Dampaknya bisa berbahaya dan berisiko. "Jadi, saya tidak menganjurkan masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan mengenai masalah kimia ini mencoba buat (hand sanitizer) sendiri," tegasnya.

Prof Ari juga mengimbau dan mengajak institusi pendidikan yang memiliki laboratorium kimia dan farmasi untuk ikut andil, dalam membuat hand sanitizer ini. Hal ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar bisa mengerti bagaimana membuat hand sanitizer sendiri dengan takaran dan bahan yang aman.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Siapa yang tak kenal dengan aktris cantik Jun Ji Hyun yang bermain bersama Lee Min Ho di drama The Legend of the Blue Sea pada 2016 lalu. Hingga kini, Jun Ji Hyun masih menjaga bentuk tubuh idealnya meski sudah berumur 38 tahun....
  • HOT !
    Korea Selatan tidak pernah habis dengan kafe kafe menarik yang Instagram able. Salah satunya yang muncul di drama Korea It's Okay to Not Be Okay dan Into the Ring adalah IK Light House, kafe yang dipenuhi dengan bola lampu....
  • HOT !
    Beradaptasi dengan new normal di tengah pandemi merupakan salah satu tantangan yang kita hadapi saat ini. Dengan penyesuaian untuk menjalani aktivitas pada umumnya, kita juga dituntut untuk lebih peduli terhadap pola hidup sehat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)