SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tes 2 Pasien di RI Negatif, Apa Kriteria Aman dan Sembuh Dari Virus Corona?

Selasa, 10 Maret 2020 22:34 by reinasoebisono | 630 hits
Tes 2 Pasien di RI Negatif, Apa Kriteria Aman dan Sembuh Dari Virus Corona?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Dua pasien, lebih tepatnya pasien 06 dan pasien 14 menjalani pemeriksaan ulang di hari kelima positif virus corona, dinyatakan negatif COVID-19. Hal ini dikonfirmasi oleh Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, dr Achmad Yurianto.

"Aman dan boleh pulang kalau memang sudah pemeriksaan menyatakan negatif. Jadi dari pemeriksaan positif menjadi negatif, dua kali," tutur Direktur Medik dan Keperawatan RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, dr Dyani Kusumo Wardani, SpA, kepada media, Selasa (10/3).

Perlu diketahui jika normalnya, pasien positif virus corona akan menjalani tes pemeriksaan di hari kelima dan hari ketujuh. Jika dalam dua pemeriksaan laboratorium menunjukkan hasil negatif, maka pasien boleh dipulangkan.

Baca juga: Vivo Resmi Luncurkan Perangkat V19 Harga 4 Jutaan

"Kalau dua kali pemeriksaan sudah negatif dan kondisi klinis bagus, nggak ada keluhan, tidak ada penyakit lain, pasien sudah aman untuk dipulangkan," tambahnya.

Tapi yang harus diingat pula jika tidak mudah menjadikan hasil pemeriksaan positif menjadi negatif. Selain imunitas, beberapa faktor lain yang mempengaruhi seperti kondisi psikis dan mental pasien.

"Ada faktor yang menyebabkan orang sakit bisa sembuh baik dari dalam diri maupun lingkungan. Kalau lingkungannya kan kita sudah jaga betul pasien terisolasi. Asupan gizi baik, tapi ada faktor X yang membuat kuman masih ada dalam tubuh yang kita belum tahu persisnya," pungkasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Menyikapi rekomendasi yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah sudah menyampaikan kepada masyarakat akan perlunya memakai masker guna mencegah penyebaran virus corona (Covid 19)....
  • HOT !
    Di tengah pandemi virus Covid 19 atau virus corona, belakangan minuman dalgona coffee menjadi viral karena mudah dibuat di rumah. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengaku tidak kuat terhadap kafein padahal ingin mencoba minum hits asal Korea Selatan tersebut....
  • HOT !
    Tak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan yang diprediksi masih di tengah penyebaran wabah virus corona atau COVID 19. Ini adalah bulan di mana umat muslim menjalankan ibadah puasa yang tentu saja berbelas jam tidak mendapat asupan makan dalam tubuh....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)