home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Cara Apple dan Google Tangkal Penyebaran Informasi Palsu Terkait Virus Corona

Sabtu, 07 Maret 2020 21:30 by zia92 | 780 hits
Begini Cara Apple dan Google Tangkal Penyebaran Informasi Palsu Terkait Virus Corona
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Virus corona baru atau Covid-19 yang tengah menjadi perhatian dunia saat ini telah memunculkan banyak aplikasi yang mengklaim memberikan informasi terkait virus tersebut dan penyebarannya. Untuk menghindari ketidakakuratan informasi, Apple dan Google pun menarik aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan corona yang beredar di toko aplikasinya.

Menurut keterangan empat pengembang atau developer aplikasi yang ditolak Apple masuk ke App Store, aplikasi mereka itu memuat daftar negara mana saja yang terinfeksi virus corona berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Salah satu developer mengatakan kepada jurnalis CNBC bahwa pihak Apple menjelaskan melalui sambungan telepon bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan corona, harus dirilis oleh organisasi kesehatan resmi atau pemerintah. Tiga pengembang lainnya mendapat keterangan rilis dari Apple yang tertulis, "aplikasi yang memuat informasi medis saat ini perlu diajukan oleh lembaga yang diakui."

Baca juga: Film James Bond ‘No Time To Die’ Ditawar Rp 8,7 triliun untuk Tayang Streaming

Sementara perusahaan mesin pencari, Google memblokir hasil pencarian soal virus corona dan Covid-19. Artinya, jika pengguna memasukkan kata kunci 'virus corona' atau Covid-19 di Google Play Store, maka akan muncul tulisan No results found for ‘coronavirus’ (tidak ada hasil untuk pencarian virus corona), seperti mengutip CNN.

Kata kunci seperti ‘virus corona’, ‘coronavirus’, ‘corona’, dan ‘covid-19’ memang tak memunculkan hasil pencarian, namun saat Dreamers.id mencoba kata kunci ‘covid’, masih muncul aplikasi terkait virus corona di Google Play Store.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pulau Jeju adalah salah satu destinasi yang cukup diminati oleh para wisatawan hingga disebut sebagai Bali nya Korea. Keindahan pulau Jeju memang tidak perlu kita ragukan lagi, sehingga sering menjadi lokasi syuting drama, film, maupun video musik idola K Pop....
  • HOT !
    Kata #SaveKomodo kini telah menjadi perbincangan para netizen, yang dibuat cemas oleh kabar pemugaran situs warisan dunia Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Pasalnya, wisata Pulau Komodo akan dibangun seperti layaknya di film Jurassic Park....
  • HOT !
    Setiap orang dewasa pada umumnya butuh waktu tidur 7 9 jam. Rupanya, tidak semua orang dewasa di dunia menghabiskan waktu tidur selama itu. Di beberapa negara memiliki rata rata jam tidur yang berbeda, dengan alasan tersendiri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)