SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Efektifkah Pemakaian Masker Kain Untuk Melawan Virus Corona?

Kamis, 05 Maret 2020 15:08 by Rie127 | 5697 hits
Efektifkah Pemakaian Masker Kain Untuk Melawan Virus Corona?
Image Source: Liputan6

DREAMERS.ID - Masker saat ini menjadi salah satu barang yang paling banyak diminati oleh seluruh masyarakat dibelahan dunia, termasuk di Indonesia guna untuk mencegah penyebaran virus corona yang sedang mewabah.

Terdapat berbagai macam masker, seperti masker sekali pakai, atau masker bedah. Dan juga masker kain yang dapat dicuci dan dipakai berkali-kali, tapi harus dicuci berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan.

Ahli kesehatan masyarakat Esperanza Cabral menjelaskan masker kain dapat digunakan berulang kali asalkan selalu dicuci dengan menggunakan sabun dan air setiap harinya. Namun Cabral juga mengingatkan, bahwa efektivitas masker kain tidak sebaik masker bedah.

Baca juga: Tren Kasus Meningkat Tembus 24,500 Orang, Bagaimana Pemberlakuan New Normal?

Dokter spesialis paru Erlina Burhan juga menjelaskan efektivitas masker bedah bagi orang yang sakit sudah teruji. Permukaan masker bedah yang menutup hidung dan mulut memiliki kemampuan untuk menyerap cairan ataupun partikel air yang keluar dari hidung dan mulut.

Bagian masker yang mengarah ke luar, memiliki sifat anti air sehingga cairan dari luar tidak dapat masuk ke dalam masker. Sedangkan, pada masker kain, ditakutkan tidak semua masker kain memiliki proteksi yang sama.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Hari ini Sabtu (23/05) pengulat berdarah Jepang Indonesia, Hana Kimura dikabarkan telah meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, yaitu 22 tahun. Hal ini diumumkan secara langsung dari Manajemen pegulat Stardom lewat akun Twitter....
  • HOT !
    Lokasi wisata populer untuk penggemar musik K Pop khususnya fans dari artis SM Entertainment yaitu SMTOWN Coex Artium, sudah lama dibicarakan akan tutup. Sampai pada akhirnya, SM Entertainment mengeluarkan pengumuman secara resmi....
  • HOT !
    Pandemi Covid 19 tak menghalangi kreativitas untuk berkarya. Baru baru ini supermodel Naomi Campbell melakukan pemotretan sampul majalah dengan cara yang unik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)