SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Pakai Masker, Dokter Ini Imbau Rajin Bersihkan Ponsel untuk Cegah Corona

Senin, 02 Maret 2020 15:00 by zia92 | 18451 hits
Bukan Pakai Masker, Dokter Ini Imbau Rajin Bersihkan Ponsel untuk Cegah Corona
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan dua pasien yang positif terjangkit virus corona (Covid-19) di Indonesia. Hal ini tentu saja meningkatkan kewaspadaan masyarakat untuk lebih berhati-hati serta menjaga kesehatan dan kebersihan.

Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura Kenneth Mak mengatakan bahwa membersihkan ponsel secara reguler dan mencuci tangan adalah cara terbaik untuk melawan penyebaran virus corona ketimbang menggunakan masker.

Sebelumnya empat dokter menyarankan warga Singapura menggunakan masker ketika keluar rumah dan menghindari komunikasi di depan umum. Namun menurut Kenneth Mak saran tersebut belum tentu efektif. Pasalnya tidak ada bukti corona bisa menyebar lewat udara.

Baca juga: Tren Kasus Meningkat Tembus 24,500 Orang, Bagaimana Pemberlakuan New Normal?

Ia pun menyarankan warga untuk membersih ponsel mereka. "Waspada hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi menggunakan masker bukanlah hal yang paling penting," ujarnya mengutip CNBC Indonesia.

Berbagai penelitian memang menunjukkan smartphone mengandung lebih banyak kuman ketimbang kursi toilet. Ponsel merupakan barang paling kotor yang dimiliki seseorang karena paling sering dipegang, bahkan ponsel dibawa ke toilet. Hal buruknya lagi ponsel sering didekatkan ke mata, hidup, dan mulut. Hal ini terjadi karena pengguna memakai ponsel untuk menelpon atau menerima telepon seseorang.

Menurut penelitian dari empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat UV smartphone sanitizer adalah cara paling efektif membunuh kuman. Menggunakan larutan alkohol juga efektif membersihkan ponsel, ujar penelitian tersebut, dan menambahkan celah antara ponsel dan casing mengandung lebih banyak bakteri daripada layar.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hari ini Sabtu (23/05) pengulat berdarah Jepang Indonesia, Hana Kimura dikabarkan telah meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, yaitu 22 tahun. Hal ini diumumkan secara langsung dari Manajemen pegulat Stardom lewat akun Twitter....
  • HOT !
    Lokasi wisata populer untuk penggemar musik K Pop khususnya fans dari artis SM Entertainment yaitu SMTOWN Coex Artium, sudah lama dibicarakan akan tutup. Sampai pada akhirnya, SM Entertainment mengeluarkan pengumuman secara resmi....
  • HOT !
    Pandemi Covid 19 tak menghalangi kreativitas untuk berkarya. Baru baru ini supermodel Naomi Campbell melakukan pemotretan sampul majalah dengan cara yang unik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)