SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Kelemahan Indonesia dalam Mendeteksi Virus Corona

Jumat, 31 Januari 2020 14:51 by zia92 | 5644 hits
Terungkap Kelemahan Indonesia dalam Mendeteksi Virus Corona
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Para ahli medis telah menyuarakan keprihatinan mereka tentang kemampuan Indonesia untuk mendeteksi virus corona baru, yang berpotensi meninggalkan sejumlah kasus yang tak terdiagnosis di depan pintu Australia.

Media asal Australia seperti Sydney Morning Herald (SMH) dan The Age mengungkapkan bahwa laboratorium medis Indonesia tidak memiliki seperangkat alat atau kit pengujian yang diperlukan untuk mendeteksi virus corona Wuhan dengan cepat.

Profesor Amin Soebandrio, ketua Lembaga Biologi Molekuler Eijkman di Jakarta, yang terlibat dalam pengujian dan pengurutan gen, mengkonfirmasi kepada SMH dan The Age bahwa reagen, yang dapat mempercepat waktu deteksi virus corona dijadwalkan segera tiba di tanah air.

SMH menyebut bahwa laboratorium medis di Indonesia hanya mampu mendeteksi keberadaan famili dari virus corona (termasuk flu biasa, MERS, serta virus SARS yang telah punah) pada orang yang berpotensi terinfeksi, dan Indonesia disebut belum secara positif mengkonfirmasi satu kasus virus corona.

Baca juga: [UPDATE] WNI Terjangkit Virus Corona di Singapura Dinyatakan Sembuh!

Sementara untuk mengidentifikasi virus corona dari China itu, pihak medis di Indonesia harus mendeteksi famili virus corona pada seseorang kemudian secara genetis mengurutkan hasilnya, suatu proses yang dapat memakan waktu lima atau enam hari.

“Kami sedang dalam proses mendapatkan kit deteksi khusus untuk virus corona baru 2019. Kami berharap bahwa dalam beberapa hari mendatang kami akan menerima kit spesifik itu sehingga kami tidak perlu melakukan pengurutan gen,” kata Profesor Amin. “Kami tidak perlu lagi melakukan dua langkah (untuk mengkonfirmasi infeksi),” imbuhnya.

Profesor Amin mengakui ada kemungkinan bahwa virus corona baru telah ada di Indonesia namun tidka terdeteksi, mengingat negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Australia telah mendeteksi kasus. “Jika Anda bertanya apakah itu mungkin, tentu saja ada kemungkinan tetapi kami belum memiliki bukti. Saat ini kami tidak tahu apakah virus telah masuk ke Indonesia atau belum.”

Sementara itu, Profesor virologi dari Universitas Queensland, Ian Mackay mengatakan bahwa kedatangan reagen spesifik itu akan menjadi kabar baik bagi Indonesia dalam memerangi virus corona baru. “Apa yang kami coba lakukan saat ini secara internasional adalah mengunci virus ini dan menghentikan penyebarannya. Jika Anda tidak dapat mengidentifikasinya pada seorang wisatawan, itu masalah. Memeriksa suhu seseorang hanya berguna jika mereka demam,” katanya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, GoPay sempat menyatakan wacananya untuk memungkinkan pembayaran SPP sekolah melalui aplikasinya. Pada 17 Februari kemarin, Gojek selaku penyedia platform GoPay mengumumkan telah memasukkan layanan pembayaran SPP di aplikasinya....
  • HOT !
    Selalu tampil modis dan sering hadir di acara fashion show, Lisa menjadi salah satu idola K Pop yang tak jauh dari dunia mode. Rapper BLACKPINK ini juga dikenal karena selera fashion nya yang unik. Dan baru baru ini, Lisa dikabarkan bakal punya clothing line nya sendiri!...
  • HOT !
    Ikan diketahui menjadi bahan makanan yang tak hanya lezat, namun juga mengandung banyak nutrisi. Dari sekian banyak jenisnya, ikan Pollock ternyata menjadi salah satu yang diketahui memiliki banyak nutrisi karena rendah merkuri dan mengandung omega 3. Tak perlu khawatir, karena ikan ini termasuk yang mudah untuk diolah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)