home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google dan Samsung Siapkan Fitur Berbagai File Pesaing AirDrop Apple

Selasa, 28 Januari 2020 18:47 by zia92 | 832 hits
Google dan Samsung Siapkan Fitur Berbagai File Pesaing AirDrop Apple
Image source: XDA Developers

DREAMERS.ID - Beberapa smartphone punya fitur berbagi file sendiri yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim atau menerima data lebih cepat, sebut saja AirDrop yang dimiliki Apple untuk perangkat iPhone. Google kabarnya tengah merampungkan fitur serupa yang diberinama Nerby Share untuk sesama pengguna Android.

Fitur berbagi file menggunakan jaringan WiFi ini sudah cukup lama dinikmati pengguna iPhone. Dengan fitur ini, pengguna perangkat besutan Apple bisa berbagi file dengan lebih mudah, cepat, dan murah karena tak perlu menggunakan internet. AirDrop menggunakan kombinasi Wi-Fi dan Bluetooth. Pengiriman file bisa dilakukan antar iPhone atau dengan laptop Mac.

Mengutip CNN, berdasarkan laporan XDA Developer, diperkirakan fitur ini akan bisa digunakan untuk perangkat Android yang memiliki layanan Google Play di ponsel tersebut. Dengan demikian, perangkat Huawei anyar yang sudah dikeluarkan dari lingkup Google Play sepertinya tak bisa menggunakan layanan ini. Namun, Huawei sudah mengembangkan sendiri layanan berbagi file lewat WiFi yang dinamakan Huawei Share.

Baca juga: Google Rilis Fitur Rute Khusus Sepeda di Google Maps

Menurut laporan Gizmodo, saat ini fitur tersebut berhasil dicoba pada dua ponsel besutan Google, Pixel 2 XL dan Pixel 4. Pengguna dapat menggunakan NFC, Bluetooth dan Wifi untuk mentransfer file. Cara kerja fitur Nearby Sharing diklaim cukup mudah, pengguna dapat memilih akun Google mana yang ingin digunakan untuk mentransfer file lewat Nearby Sharing.

Setelah itu pengguna juga bisa mengatur visibilitas akun. Artinya, Google memungkinkan pengguna mengatur perangkat mereka apakah ingin dilihat oleh semua kontak Google terdekat atau hanya perangkat tertentu. Nearby Sharing pun memungkinkan pengguna untuk memilih apakah akan mentransfer file menggunakan internet di perangkat atau lewat WiFi.

Tak hanya Google, laman The Verge juga melaporkan bahwa Samsung tengah mempersiapkan fitur serupa yang disebut Quick Share. Meski begitu, belum ada kepastian kapan Nearby Sharing dan Quick Share akan secara resmi disematkan pada perangkat Android.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Selain dikenal sebagai kampung halamannya para artis K POP dan K Drama, Korea Selatan juga menjadi salah satu destinasi wisata yang mungkin harus masuk dalam wish list kalian. Bukan hanya kuliner Korea Selatan juga menawarkan berbagai keindahan alamnya....
  • HOT !
    Selebriti cantik, Jessica Iskandar yang aktif di dunia akting, model hingga pembawa acara ini selalu peduli terhadap penampilan. Meski sudah memiliki anak satu tetap membuat dirinya untuk selalu tampil sempurna di depan publik....
  • HOT !
    Memiliki wajah bulat atau tembam mungkin terlihat lucu dan mengemaskan. Namun pipi yang chubby akan terlihat seperti membengkak, sehingga membuat tidak percaya diri. Maka banyak perempuan yang melakukan berbagai cara agar pipinya tirus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)