SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahaya Polusi Udara Bisa Buat Stres Sampai Niat Ingin Bunuh Diri?

Rabu, 11 Desember 2019 17:00 by reinasoebisono | 390 hits
Bahaya Polusi Udara Bisa Buat Stres Sampai Niat Ingin Bunuh Diri?
Image source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Kesehatan fisik memang perlu diwaspadai agar jangan terkena efek samping oplusi udara. Terlebih dengan maraknya kondisi udara Ibu Kota Jakarta yang buruk bisa mempengaruhi pernapasan hingga jangka panjang bagi masyarakat.

Namun satu penelitian terbaru yang dilakukan di Cincinnati, Ohio, mengatakan jika anak-anak, termasuk balita yang terpapar polusi udara, di masa remajanya lebih rentan terkena gangguan depresi, kecemasan atau bahkan perilaku bunuh diri.Namun perlu dicatat, melansir Okezone, hal ini juga bisa berdampak pada orang dewasa.

“Polusi udara dapat menyebabkan peradangan termasuk di saraf. Padahal saraf itu mengatur segala macam emosi dan perilaku. Peradangan di saraf dapat menimbulkan gangguan yang menimbulkan kecemasan hingga keinginan bunuh diri,” ujar psikolog Veronica Adesla, M.Psi

Alasan tambahannya, dilakukannya penelitian yang menganalisa hubungan antara polusi dan stres terhadap anak-anak ini karena mereka masih dalam masa pertumbuhan termasuk perkembangan otak.

“Pertumbuhan otak pada anak-anak belum optimal. Apabila terganggu dengan polusi yang menyebabkan peradangan otak, maka pertumbuhan otaknya tidak optimal. Sedangkan orang dewasa pertumbuhannya sudah optimal, namun tetap bisa mengalami dampak buruk dari polusi,” kata psikolog yang akrab disapa Vero itu.

Menurutnya, polusi yang menyebabkan stres pada orang dewasa muncul dalam berbagai macam bentuk seperti stres fisik dan stres emosional. Contohnya, stres fisik yang bisa terjadi adalah alergi, jerawat dan eksim. Sedangkan stres emosional lebih ke perubahan suasana hati yang cepat.

“Stres itu membuat ketegangan emosi dan fisik. Oleh karenanya ketegangan itu harus diatasi dengan cara merilekskan otot-otot," kata Vero.

Cara paling mudah untuk merilekskan otot adalah mandi air hangat. Air hangat terbukti dapat menurunkan gelombang theta yang berpengaruh positif terhadap kesehatan mental. Mandi air hangat dapat meningkatkan suhu inti tubuh yang kemudian melancarkan peredaran darah dan membantu mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme tubuh. Kedua proses tersebut membuat tubuh dan pikiran terasa lebih segar.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, dinyatakan meninggal dunia karena kecelakaan helikopter saat menuju Mamba Academy, pada Minggu (26/01) pagi waktu Amerika. Banyak kenangan yang ditorehkan keduanya, salah satunya di video ini....
  • HOT !
    Indonesia memang telah remi menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20 tahun 2021 mendatang dengan dipilih oleh organisasi FIFA. Kini sudah muncul nama nama stadion yang ditunjuk untuk menggelar pertandingan pertandingannya....
  • HOT !
    Fenomena virus corona, atau virus Wuhan semakin meresahkan masyarakat diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Walaupun belum terdapat vaksin dan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, namun masyarakat dapat mencegahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)