SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Dianggap Sepele, Virus Influenza Jadi Salah Satu Virus Penyebab Kematian di Dunia

Jumat, 29 November 2019 16:44 by Rie127 | 1166 hits
Sering Dianggap Sepele, Virus Influenza Jadi Salah Satu Virus Penyebab Kematian di Dunia
Image Source: University of oxford

DREAMERS.ID - Penyakit flu kerap sekali dianggap sepele oleh sebagian orang. Nyatanya, penyakit tersebut merupakan penyakit menular dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, hingga menyebabkan kematian.

Untuk menjaga stamina tubuh agar terhindar dari flu, apalagi di musim yang mulai memasuki musim hujan, maka diperlukan vaksinasi influenza. Pastikan untuk melakukan vaksi setidaknya dua minggu sebelum melakukan perjalanan liburan, karena dibutuhkan waktu kurang lebih dari dua minggu untuk membentuk antibody.


Image Source: University of Oxford

Sejak 1 November 2018 tahun lalu, telah disepakati oleh para ahli kesehatan sedunia sebagai World Flu day (WFD) atau Hari Flu Sedunia. WFD juga memiliki 4 tujuan yaitu:

1. Memperingati 100 tahun pandemic influenza di dunia

2. Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai risiko influenza

3. Mempercepat inovasi ilmiah dan upaya riset dalam mengatasi berbagai tantangan influenza, khususnya pengembangan vaksin flu universal

4. Mendorong terciptanya global political will yang lebih kuat dalam mendukung pencegahan dan pengendalian influenza

Ditemui di acara Media Briefing World Flu Day 2019 yang diadakan oleh
Sanofi Pasteur Indonesia, Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof. DR. CISSY B. Kartasasmita, SPA(K)., Phd menekankan pentingnya peran dari berbagai pihak dalam mengatasi influenza.

“World Flu Day 2019 adalah momen tepat untuk memperkuat upaya
pencegahan dan penularan penyakit influenza. Upaya ini tentunya lebih
optimal jika dilakukan secara bahu-membahu antara tenaga kesehatan,
pemerintah, pihak swasta, hingga masyarakat. Kita bisa memulainya dengan
menjalankan gaya hidup sehat yang dapat meminimalkan penyebaran virus, misalnya mencuci tangan dan menutup mulut serta hidung ketika bersin”. Ungkapnya.


Image Source: Ktar

Selain gaya hidup sehat, WHO juga merekomendasikan untuk melakukan vaksinasi influenza tahunan sebagai salah satu cara yang paling efektif dalam mencegah virus influenza.

Influenza sendiri merupakan penyakit saluran pernapasan akut yang mudah menular dan virusnya mudah menular dan menyebar hingga ke seluruh dunia. Namun, penyakit ini kerap diabaikan, dan dianggap tidak serius.

Data World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa 5 hingga 10 persen orang dewasa dan 20 hingga 30 persen anak-anak terkena virus influenza setiap tahunnya. Serta sekitar 290 ribu hingga 650 ribu jiwa meninggal dunia akibat virus influenza.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Para Ilmuwan di Tiongkok menemukan sebuah kondisi atau gejala yang memungkinkan seseorang tertular virus corona, yaitu kondisi conjunctivitis, suatu inflamasi atau inflamasi yang tedapat pada membrn transparan atau biasa yang sebut conjunctiva pada mata. Ketika conjunctivitis terjadi makan pembuluh darah terinflamasi sehingga menimbulkan kondisi mata merah....
  • HOT !
    Pesepakbola Son Heung Min yang bermain untuk klub Tottenham Hotspur kini telah kembali ke Korea Selatan, usai liga Inggris ditangguhkan karena pandemi corona. Ia pun akan mengisi waktunya dengan wajib militer....
  • HOT !
    Selain menjaga kebersihan, dan tetap diam dirumah, menjaga imun dan meningkatkan kekebalan tubuh juga diperlukan untuk terhindar dari virus corona. Hal ini juga turut dikampanyekan oleh para ahli....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)