home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Punya 'Kembaran' di Malaysia!

Sabtu, 23 November 2019 11:00 by sukmagayatri | 3029 hits
5 Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Punya 'Kembaran' di Malaysia!
Image Source: Tsem Rinpoche

DREAMERS.ID - Dikenal bertetangga, Indonesia dan Malaysia memiliki cukup banyak kemiripan. Dari segi Budaya, Bahasa, hingga beberapa jenis makanan yang bisa disebut ‘serupa tapi tak sama’. 

Melansir dari cnnindonesia.com, Food Stylist Ade Putri Paramadita penduduk Indonesia dan Malaysia sejatinya masih berada di satu rumpun yang sama. Hal itulah yang menyebabkan beberapa makanan khas Indonesia mirip dengan beberapa makanan khas negeri Jiran tersebut.


Image Source: Beepdo.com

Seperti Rendang, makanan ini seringkali diperdebatkan mengenai asal-usulnya. Namun, Malaysia dan Indonesia memiliki jenis rendang-nya sendiri-sendiri. Rendang Malaysia bisa dibilang seperti olahan daging ‘kalio’ sehingga belum terjadi proses perendangan.

Perbedaan lainnya adalah rendang Malaysia dibuat dengan menggunakan gula, sedangkan rendang asal Padang, Indonesia tidak menggunakan gula.


Image Source: happyfresh.my

Selanjutnya adalah nasi padang. Di Malaysia, ada sebuah hidangan nasi yang sangat mirip dengan nasi padang, yaitu nasi kandar. Perbedaannya, nasi kandar memiliki bau rempah yang lebih kuat karena menggunakan racikan rempah India. 


Image Source: Yahoo News Singapore

Kalau kamu pernah berkunjung ke Malaysia, pasti kamu sadar ada banyak toko makanan yang menjual hidangan kwetiau atau laksa. Namun, di Malaysia, kwetiau disebut sebagai ‘koay teow’.

Koay teow memiliki kandungan minyak yang lebih banyak dari hidangan kwetiau di Indonesia. Selain itu, ada beberapa penjual koay teow yang menambahkan terasi atau saus tiram untuk menciptakan cita rasa yang berbeda.


Image Source: Roti n Rice

Sedangkan untuk laksa, jika di Indonesia ada berbagai macam laksa, seperti laksa Bogor, laksa Betawi, dan laksa Medan, di Malaysia terdapat satu buah jenis laksa yang diberi nama ‘asam laksa’.

Bedanya dengan laksa khas Indonesia yang berwarna kuning, asam laksa khas Malaysia memiliki kuah hitam. Pembuatan kuah dari asam laksa menggunakan bumbu dasar ikan makarel yang memiliki rasa asam bercampur pedas. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)