home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Spotify Uji Coba Fitur Lirik untuk Pengguna Indonesia

Senin, 18 November 2019 11:16 by fzhchyn | 564 hits
Spotify Uji Coba Fitur Lirik untuk Pengguna Indonesia
Image source: techweez

DREAMERS.ID - Spotify diketahui tengah melakukan uji coba fitur lirik di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Layanan straming musik asal Swedia ini bekerja sama dengan Musixmatch, yang menawarkan katalog lirik lagu dalam lebih dari 50 bahasa.

Melalui cuitan di Twitter, sejumlah pengguna Spotify di Indonesia menyatakan bahwa saat mendengarkan lagu lewat aplikasi tersebut, tiba-tiba ada tampilan lirik diikuti dengan logo Musixmatch.

Selain di Indonesia, Kanada dan Meksiko juga disebut kebagian fitur lirik. Melalui Tech Crunch, juru bicara Spotify mengkonfirmasi hal tersebut dengan mengatakan, “Kami mengkonfirmasi bahwa kami sedang menguji fitur lirik di sejumlah negara. Hanya ini yang bisa kami bagikan." Sebenarnya, Spotify telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan yang menyediakan layanan lirik lagu seperti Genius dan SoundHound.

Baca juga: Rayakan World Women's Day, Spotify Ungkap Daftar Artis Wanita Korea Terpopuler

Berdasarkan data perusahaan riset ASm FactSet mengatakan pelanggan Premium atau berbayar Spotify pada akhir kuartal pertama mencapai 100 juta itu naik dari 75 juta pelanggan pada 2018 lalu. Selain peningkatan jumlah pengguna berbayar, Spotify juga mencatat kenaikan pendapatan sebesar 33 persen atau US$1,69 miliar menurut data IBES (Institutional Brokers' Estimate System) dari Refinitiv.

Pengguna di Eropa berkontribusi sebesar 40 persen dari total pelanggan berbayar, diikuti oleh Amerika Utara sebesar 30 persen pelanggan Premium. Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) juga pernah menyebut 75 persen pendapatan industri musik Amerika Serikat berasal dari layanan streaming musik salah satunya Spotify yang berhasil mendongkrak pertumbuhan pendapatan industri musik Amerika Serikat 12 persen menjadi US$9,8 miliar pada 2018.

Mengutip CNN, sumbangan ini membuat layanan musik di Amerika Serikat mencatat pertumbuhan dua digit selama tiga tahun berturut-turut. Jika tahun ini pendapatan industri musik naik 12 persen, maka tahun sebelumnya, Billboard mencatat pertumbuhan dua digit sebesar 16,5 persen dan 11,4 persen pada 2016.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)