SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Spotify Uji Coba Fitur Lirik untuk Pengguna Indonesia

Senin, 18 November 2019 11:16 by zia92 | 448 hits
Spotify Uji Coba Fitur Lirik untuk Pengguna Indonesia
Image source: techweez

DREAMERS.ID - Spotify diketahui tengah melakukan uji coba fitur lirik di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Layanan straming musik asal Swedia ini bekerja sama dengan Musixmatch, yang menawarkan katalog lirik lagu dalam lebih dari 50 bahasa.

Melalui cuitan di Twitter, sejumlah pengguna Spotify di Indonesia menyatakan bahwa saat mendengarkan lagu lewat aplikasi tersebut, tiba-tiba ada tampilan lirik diikuti dengan logo Musixmatch.

Selain di Indonesia, Kanada dan Meksiko juga disebut kebagian fitur lirik. Melalui Tech Crunch, juru bicara Spotify mengkonfirmasi hal tersebut dengan mengatakan, “Kami mengkonfirmasi bahwa kami sedang menguji fitur lirik di sejumlah negara. Hanya ini yang bisa kami bagikan." Sebenarnya, Spotify telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan yang menyediakan layanan lirik lagu seperti Genius dan SoundHound.

Baca juga: K-Pop Daebak! #SpotifyWrapped Ungkap Artis dan Lagu Korea yang Paling Banyak Diputar di 2019

Berdasarkan data perusahaan riset ASm FactSet mengatakan pelanggan Premium atau berbayar Spotify pada akhir kuartal pertama mencapai 100 juta itu naik dari 75 juta pelanggan pada 2018 lalu. Selain peningkatan jumlah pengguna berbayar, Spotify juga mencatat kenaikan pendapatan sebesar 33 persen atau US$1,69 miliar menurut data IBES (Institutional Brokers' Estimate System) dari Refinitiv.

Pengguna di Eropa berkontribusi sebesar 40 persen dari total pelanggan berbayar, diikuti oleh Amerika Utara sebesar 30 persen pelanggan Premium. Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) juga pernah menyebut 75 persen pendapatan industri musik Amerika Serikat berasal dari layanan streaming musik salah satunya Spotify yang berhasil mendongkrak pertumbuhan pendapatan industri musik Amerika Serikat 12 persen menjadi US$9,8 miliar pada 2018.

Mengutip CNN, sumbangan ini membuat layanan musik di Amerika Serikat mencatat pertumbuhan dua digit selama tiga tahun berturut-turut. Jika tahun ini pendapatan industri musik naik 12 persen, maka tahun sebelumnya, Billboard mencatat pertumbuhan dua digit sebesar 16,5 persen dan 11,4 persen pada 2016.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)