SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Selalu Dapat Sembuhkan Setiap Penyakit, Ini Alasan Dokter Kerap Memberi Resep Antibiotik

Jumat, 15 November 2019 23:00 by Rie127 | 2702 hits
Tidak Selalu Dapat Sembuhkan Setiap Penyakit, Ini Alasan Dokter Kerap Memberi Resep Antibiotik
Image Source: dokter sehat

DREAMERS.ID - Pernahkah kamu memperhatikan, ketika kamu pergi ke dokter untuk berobat, kamu kerap sekali diberikan antibiotik. Walaupun kamu hanya sekedar sakit batuk, flu, ataupun mengalami demam.

Padahal Antibiotik bukanlah obat yang dapat mengatasi dan menyembuhkan setiap penyakit. Namun, antibiotik diberikan untuk pasien yang menderita suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Menanggapi hal ini, dokter anak dr Purnamawati SpA(K), MMPAed mengatakan bahwa ada berbagai kemungkinan dokter meresepkan antibiotik walau penyakit yang dialami pasien bukan disebabkan oleh bakteri.

“Satu, kalau hasil penelitian luar negeri dokter merasa nggak yakin diagnosisnya apa. Mungkin lho ya, mesti ditanya dokter yang bersangkutan” ujarnya di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, dikutip dari Detik.

dr Wati juga menyayangkan bahwa masyarakat terkadang kurang memahami mengenai pemakaian antibiotik. Padahal penyakit seperti batuk dan flu dapat sembuh dengan sendirinya tanpa menggunakan antibiotik.

Selain itu, tidak jarang masyarakat menganggap jika dokter tidak meresepkan antibiotik bukanlah dokter yang baik. Jika tidak sesuai aturan, malah akan menyebabkan resistensi Antibiotik, atau keadaan dimana kuman atau bakteri tidak dapat dibunuh dengan Antibiotik.

“Antibiotik beli bebas nggak boleh, peraturannya ada. Jangan beli antibiotik sendiri. Tahapan berikutnya kita beri tahu masyarakat, kalau diresepkan antibiotik padahal sakitnya karena virus batuk-pilek, jangan dibeli”. saran dr Wati.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Setelah dilakukan uji coba pada awal tahun ini, fitur Direct Message (DM) Instagram akhirnya bisa dinikmati lewat desktop. Seperti diketahui, fitur DM selama ini hanya tersedia pada aplikasi Instagram di seluler....
  • HOT !
    Setelah virus corona menyerang Tiongkok, tepatnya memulai penyebarannya di Wuhan dan memakan banyak korban jiwa, pemerintah melakukan lockdown, agar seluruh masyarakat tetap tinggal di rumah, dan menutup objek objek wisata....
  • HOT !
    Di tengah popularitas aplikasi konferensi video Zoom yang banyak digunakan saat pandemi corona ini, aplikasi tersebut menuai keraguan tentang keamanan data penggunanya. Seakan menjawab kegelisahan itu, Skype pun merilis fitur yang dianggap aman karena diklaim tak memerlukan data pengguna....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung SooJung, Kang Minhyuk, Choi MinHo, Other CNBLUE Member, Other f(x) member

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)