SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi 'Pembunuh' Anak Terbesar di Dunia, UNICEF Gelar Forum Global 'Pneumonia'

Selasa, 12 November 2019 15:00 by Rie127 | 1087 hits
Jadi 'Pembunuh' Anak Terbesar di Dunia, UNICEF Gelar Forum Global 'Pneumonia'
Image Source: the gro company

DREAMERS.ID - Hari Pneumonia sedunia diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Pneumonia sendiri merupakan salah satu ‘pembunuh’ anak terbesar di dunia. Sekitar 800 ribu anak di dunia meninggal akibat pneumonia dan sebanyak 2.200 anak meninggal pada setiap harinya.

Angka tersebut terbukti lebih tinggi jika dibandingkan dengan 437 ribu balita yang meninggal akibat diare dan 272 ribu balita yang meninggal akibat malaria pada tahun 2018 lalu.

Dilansir dari CNN, lima Negara yang menjadi penyumbang terbesar angka kematian pada anak akibat pneumonia adalah Nigeria yang mencatat sebanyak 162 ribu kematian anak akibat pneumonia, diikuti oleh India (127 ribu), Pakistan (58 ribu), Kongo (40 ribu), dan Ethiopia (32 ribu). 

Pneumonia sendiri merupakan penyakit akibat bakteri, virus, atau jamur yang menyerang organ paru-paru. Pasien akan mengalami kesulitan bernapas saat paru-paru penuh dengan nanah dan cairan. Anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara tinggi adalah kelompok yang paling berisiko. 

Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin dan mudah diobati dengan antibiotik jika didiagnosis secara tepat. Kepala Eksekutif Save the Children Inggris, Kevin Watkins mengatakan, jutaan anak menderita pneumonia karena kekurangan vaksin, antibiotik yang terjangkau, dan oksigen. 

Karena hal ini, pada bulan Januari 2020 mendatang, UNICEF dan sejumlah lembaga lainnya akan menggelar forum global untuk pertama kalinya di dunia tentang pneumonia pada anak-anak di Spanyol.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Mengunjungi tempat yang menarik, unik serta sedang tren dikalangan warganet memang sangat mengasyikkan. Namun, bagaimana jika tempat yang sedang menjadi perbincangan tersebut merupakan tempat yang menyeramkan?...
  • HOT !
    Pada hari Kamis (5/12/19), Atlet cabang menembak, Vidya Rafika kembali menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas untuk Indonesia....
  • HOT !
    Lingkaran hitam dibawah mata atau yang sering disebut dengan mata panda tentunya dapat mengganggu penampilan. Apalagi jika waktu tidur kita berkurang, maka mata panda akan terlihat semakin jelas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)