SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Penasaran Lagi, Perhatikan Hitungan Biaya Ini Jika Ingin Liburan ke Raja Ampat

Senin, 04 November 2019 17:23 by manachemvr | 845 hits
Tak Penasaran Lagi, Perhatikan Hitungan Biaya Ini Jika Ingin Liburan ke Raja Ampat
Image source: Liveboard

DREAMERS.ID - Jika ingin liburan dalam negeri, biasanya masyarakat akan merekomendasikan Raja Ampat di Papua. Destinasi ini bisa dikatakan sebagai surga di Bumi akibat keindahan alamnya.

Selain pemandangannya, satu hal yang menjadikan Raja Ampat terkenal adalah perihal biaya yang harus dikeluarkan lebih besar ketimbang berlibur ke luar negeri. Hal tersebut menjadikan Raja Ampat sebagai destinasi ekslusif berbujet mahal.

Bukan tanpa alasan, Raja Ampat memiliki kelebihan sebagai destinasi segitiga terumbu karang yang jarang ditemukan di negara manapun. Hal tersebut juga menjadikan alasan pemerintah untuk melindungi Raja Ampat termasuk Pemprov Raja Ampat.

Image source: https://www.coffeewithasliceoflife.com/raja-ampat-indonesia/

Biaya pertama yang harus kamu pertimbangkan jika ingin mengunjungi Raja Ampat adalah biaya tiket pesawat. Rata-rata maskapai penerbangan mematok tarif diatas 5 juta PP. Tahun ini AirAsia memiliki tarif termurah senilai Rp5,5 juta PP dibanding Sriwijaya (Rp6,5 juta PP) dan Garuda Indonesia (Rp 7,5 juta PP).

Selain itu biaya akomodasi lain yang harus dikeluarkan adalah biaya perjalanan dari Sorong menuju Raja Ampat. Kamu bisa menyewa satu buah mobil dengan rata-rata harga Rp800 ribu per hari untuk varian Avanza (termasuk driver).

Lalu kamu akan kembali mengeluarkan biaya untuk perjalanan laut dengan kapal ferry. Rata-rata tarif yang dipatok seharga Rp100 ribu untuk kelas ekonomi, dan Rp215 ribu untuk kelas eksekutif. Sesaimpainya di Waisai, Ibu Kota Raja Ampat kamu akan diwajibkan membeli pin masuk seharga Rp500 ribu per orang. Pin ini diinformasikan dapat berlaku setahun kedepan.

Melihat kondisi Raja Ampat yang didominasi perairan, sudah seharusnya pengunjung menyewa speedboat untuk island hopping, snorkeling, atau diving. Biasanya biaya sewa yang dipatok seharga Rp7,5 juta per harinya. Selain itu jangan lupa untuk memikirkan biaya penginapan dengan harga termurah Rp600 ribuan untuk variasi backpacker, hingga jutaan untuk hotel per malam.

Image source: https://www.traveltomtom.net/destinations/asia/indonesia/trip-to-raja-ampat

Jika dihitung, total biaya yang harus dikeluarkan jika kamu ingin berlibur di Raja Ampat lumayan mahal untuk seorang diri. Tapi jangan khawatir masalah biaya karena kamu dapat berpergian dengan melakukan Open Trip atau menggunakan paket wisata. Semakin banyak peserta, biaya operasional yang dibutuhkan pasti akan berkurang.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Guna memperketat dan terus menekan angka penyebaran, Korea Selatan akhirnya mengambil keputusan untuk membatasi kedatangan warga asing dari 90 negara, di tengah kekhawatiran atas semakin banyaknya kasus bawaan dari luar negeri....
  • HOT !
    Di tengah aturan pemerintah untuk di rumah saja, tidak sedikit orang yang mengisi waktu dengan berkreasi makanan di dapur. Hal ini memang dianggap lebih berguna dibanding hanya menghabiskan waktu dengan tiduran....
  • HOT !
    Menyikapi rekomendasi yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah sudah menyampaikan kepada masyarakat akan perlunya memakai masker guna mencegah penyebaran virus corona (Covid 19)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung SooJung, Kang Minhyuk, Choi MinHo, Other CNBLUE Member, Other f(x) member

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)