SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Garam Pink Punya Pengaruh Baik Untuk Penderita Hipertensi, Hoax atau Fakta?

Jumat, 18 Oktober 2019 11:00 by sukmagayatri | 2180 hits
Garam Pink Punya Pengaruh Baik Untuk Penderita Hipertensi, Hoax atau Fakta?
Image Source: Hello Sehat

DREAMERS.ID - Jika umumnya garam yang digunakan untuk memasak adalah garam putih, saat ini garam pink atau garam Himalaya mulai menjadi tren dikalangan anak muda dan ibu-ibu.

Banyak yang percaya, bahwa menggunakan garam Himalaya jauh lebih sehat dibandingkan menggunakan garam dapur biasa. Terlebih lagi, garam Himalaya dikatakan baik untuk penderita hipertensi, benarkah?

Melansir dari detik.com, menurut Ketua Umum Perhimpunan Hipertensi Indonesia (PERHI), Dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, FINASIM mengatakan bahwa produk alternatif seperti garam Himalaya hendaknya dipilih sesuai dengan bukti penelitian.

"Orang-orang itu sering mencari yang tidak jelas padahal yang jelas (terbukti), banyak. Kedokteran menerima hal yang sudah based on evidence, bukan soal testimoni. Harus dibuktikan 'ini' bisa dibuat untuk 'ini'," Ujar Dr Tunggul dikutip dari detik.com.

Garam Himalaya hingga saat ini belum dapat dipastikan khasiatnya untuk penderita hipertensi, sebab belum ada bukti penelitian yang valid mengenai hal tersebut. 

Jika dibandingkan dengan garam dapur biasa, garam pink yang berbentuk kristal itu memiliki kandungan sodium yang sama, yakni 98 persen sodium klorida. Sedangkan, untuk penderita hipertensi, disarankan untuk mengkonsumsi jumlah sodium yang lebih rendah. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Softbank Corp mengumumkan bahwa anak usanhya, Z Holdings atau yang sebelumnya bernama Yahoo Jepang akan melebur (merger) dengan Line Corps, perusahaan aplikasi pesan instan yang berbasis di Tokyo....
  • HOT !
    Beberapa hari belakangan ini media sosial tengah memperbincangkan tentang seorang pramugara dari maskapai Lion Air yang tengah membantu penumpang lansia. Hal ini diketahui dari postingan dari pemilik akun Instagram @armainiimay....
  • HOT !
    Setelah merilis iPhone 11 pada September lalu, Apple dikabarkan siap meluncurkan perangkat baru. Namun bukan varian ‘s’ seperti tradisi yang biasa dilakukan Apple, melainkan langsung merilis seri terbaru, iPhone 12....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)