SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Minum Air Putih Terlalu Banyak Sebabkan Keracunan, Kok Bisa ?

Kamis, 17 Oktober 2019 17:25 by Rie127 | 1463 hits
Minum Air Putih Terlalu Banyak Sebabkan Keracunan, Kok Bisa ?
Image Source: Tribun

DREAMERS.ID - Setiap orang dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. Setidaknya dalam sehari setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi delapan gelas air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun, dilansir dari Tempo, mengkonsumsi terlalu banyak air putih juga tidak baik bagi kesehatan, mengkonsumsi air putih lebih banyak daripada jumlah yang dapat dikeluarkan oleh tubuh dapat memicu kondisi yang disebut hiponatremia.

“Hiponatremia adalah kondisi gangguan elektrolit ketika kadar natrium (sodium) dalam darah lebih rendah dari batas normal”. ujar ahli nutrisi Kristin Koskinen dikutip dari Health.

Natrium (sodium) adalah elektrolit penting dalam tubuh yang berperan dalam menjaga tubuh dengan mendistribusikan air ke seluruh tubuh, dan sisanya dibuang melalui ekskresi dalam bentuk air seni atau keringat. Kadar natrium (sodium) yang rendah dalam darah dapat menyebabkan gejala seperti kembung, sakit kepala, sulit berpikir jernih (brain fog), dan mual.

“Ginjal juga memiliki batasan berapa banyak air yang dapat mereka proses untuk dikeluarkan pada satu waktu, maksimum 800 hingga 1.000 mililiter per jam”. kata Koskinen.

“Meskipun keracunan air adalah hal yang jarang terjadi, itulah yang akan Anda alami bila mengkonsumsi air putih melebihi jumlah yang dapat diterima dan dikeluarkan tubuh”. lanjutnya Koskinen.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah kamu mengalami dehidrasi atau hidrasi tinggi adalah dengan warna air seni dan seberapa sering kamu buang air kecil. Pada umumnya, air seni berwarna kuning pucat hingga menyerupai warna air teh. Namun, jika air seni  berwarna lebih jernih daripada biasanya, itu pertanda kamu telah mengkonsumsi air putih terlalu banyak dalam rentang waktu yang pendek.

“Rata-rata, orang buang air kecil 6-8 kali sehari, atau 10 kali untuk seseorang yang secara rutin mengkonsumsi kafein atau alkohol”. kata Koskinen.

Jika kamu harus buang air kecil beberapa kali dalam rentang waktu satu jam dengan warna air seni yang jernih, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah asupan cairan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Baru baru ini di beberapa tempat khususnya di pintu masuk sebuah perusahaan, dan juga perumahan warga telah disediakan sebuah tempat atau bilik disinfektan untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke tubuh....
  • HOT !
    Dalam beberapa hari belakangan ini saat membuka aplikasi Instagram, kamu pasti menemukan temannu atau orang lain yang kamu follow membuat postingan dengan caption ‘until tomorrow’ atau hashtag #untiltomorrow....
  • HOT !
    Rapid test digencarkan pemerintah untuk mempercepat deteksi virus corona atau COVID 19. Bisa disebutkan tes massal dan hal ini juga meniru beberapa negara lain yang terinfeksi pandemi ini, seperti Korea Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)