SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi 'Primadona' Anak-anak dan Milenials, Instagram Dinilai Ganggu Kesehatan Mental?

Rabu, 16 Oktober 2019 17:10 by manachemvr | 668 hits
Jadi 'Primadona' Anak-anak dan Milenials, Instagram Dinilai Ganggu Kesehatan Mental?
Image source: Multiplicalia

DREAMERS.ID - Seiring berkembangnya zaman, anak-anak usia belia sudah mengetahui bahkan menggunakan gadget.

Karena kurangnya pengawasan menyebabkan penggunaan media sosial tergolong cukup tinggi untuk anak-anak. Bahkan RS Jiwa Cisarua, Jawa Barat telah berhadapan dengan ratusan pasien anak pengidap kecanduan gadger berusia 7-15 tahun.

Untuk menentukan media sosial pilihan anak-anak, Royal Society for Public Health melakukan penelitian dengan koresponden sejumlah 1.5000 berusia 14-24 tahun. Tolak ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sejumlah media sosial seperti Facebook, Youtube, Instagram, Twitter dan Snapchat.

Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti dapat mempelajari reaksi atau perasaan yang dirasakan oleh responden media sosial. Selain itu juga peneliti dapat melihat dampak media sosial terhadap kesehatan mental pengguna.

Baca juga: Apa Sih Tren 'Until Tomorrow' di Instagram yang Bikin Warga Twitter Bingung?

Hasil akhir dari penelitian tersebut mengungkapkan ternyata Instagram menjadi media sosial utama yang menjadi faktor buruknya kesehatan mental pengguna. Setelah Instagram, Snapchat juga termasuk media sosial tersebut di peringkat kedua.

"Sangat menarik melihat Instagram dan Snapchat sebagai medsos terburuk bagi kesehatan mental. Kedua aplikasi ini tampaknya mendorong perasaan cemas pada anak muda," kata Dr Becky Inkster, peneliti di University of Cambridge, melansir Detik.

Tidak hanya sampai disitu saja, ternyata pihak peneliti meminta pemerintah dan juga pemilik perusahaan media sosial untuk mengkampanyekan ‘bijak menggunakan media sosial’. Hal ini dirasa dapat mengurangi efek negatif dari penggunaan media sosial secara berlebih.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Masih ingat dengan Martunis, bocah yang diangkat anak oleh Crsitiano Ronaldo saat musibah tsunami Aceh 2004 lalu? Kini selain mengikuti jejak sang ayah angkat sebagai pesepakbola, ia ternyata telah resmi menikah....
  • HOT !
    Selama melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah di tengah pandemi virus corona ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi video call atau video konferensi untuk telap lancar berkomunikasi....
  • HOT !
    Mengikuti berbagai imbauan dan aturan pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus corona (Covid 19) yang tengah mewabah, banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)