SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penggunaan 'Odol' Ampuh Jadi Pelindung Efek Gas Air Mata, Mitos atau Fakta?

Rabu, 02 Oktober 2019 14:38 by manachemvr | 678 hits
Penggunaan 'Odol' Ampuh Jadi Pelindung Efek Gas Air Mata, Mitos atau Fakta?
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Akhir-akhir ini beberapa titik di Indonesia melakukan aksi unjuk rasa atau demonstrasi penolakan revisi terhadap beberapa Undang-Undang. Tetapi sayangnya aksi unjuk rasa tersebut kadang berakhir ricuh sehingga menuntut pihak kepolisian untuk menembakan gas air mata.

Dalam mengurangi efek gas air mata, banyak cara yang dilakukan oleh demonstran dimulai dari memakai masker, mencuci mata dengan air, hingga mengoleskan odol di bawah mata.

Walaupun beberapa cara tersebut sudah tersebar di kalangan masyarakat, ternyata ditemukan beberapa kekeliruan bahkan berujung mitos.

Berikut mitos pelindung diri dari efek gas air mata dilansir dari Detik:

 

1.Mengoles odol di bawah mata

Gas air mata dan pasta gigi merupakan dua produk berbahan dasar kimia. Cara pembuatannya yang beragam juga mengakibatkan prediksi reaksi yang terjadi menjadi tidak akurat.

 

2. Mengendus potongan bawang

Gas air mata menimbulkan efek mata berair. Mengendus bawang juga dapat membuat mata berair. Jadi sudah dipastikan efek gas air mata ditambah mengendus bawah malah membuat mata menjadi tambah berair.

 

3. Menutup mulut dengan kain rendaman cuka sari apel

Sifat asam cuka yang berada pada cuka sari apel dinilai akan memperparah keadaan. Efek dari asam cuka tersebut bisa meninggalkan efek nyeri yang lebih lama.

 

4. Menutup hidung dengan kain basah dilumuri debu arang

Diketahui memang arang dapat menghalau dan menyaring gas. Tetapi dalam kasus ini belum ada bukti kuat bawa debu arang dapat mengurangi jumlah gas air mata yang masuk ke hidung serta mulut.

 

5. Menutup mulut dengan kain basah dilumuri jeruk nipis atau jus lemon

Jeruk nipis dan lemon sama seperti cuka sari apel yang memiliki sifat asam. Berdasarkan hal tersebut, jeruk nipis dan lemon tidak dapat digunakan sebagai pelindung gas air mata, bahkan harus dihindari

 

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Tentunya bagi kamu yang sering menggunakan celana jeans, kamu pasti sering menemukan sebuah kantong kecil yang berada di saku sebelah kanan atau kiri. Pastinya diantara kalian ada yang mempertanyakan kegunaan kantong kecil tersebut....
  • HOT !
    SuperM telah sukses melangsungkan debutnya di USA pada (4/10) dengan membawakan lagu ‘Jopping’. Disusul dengan acara Fansign dalam rangka melakukan promosi di USA hingga menjadi bintang tamu di Ellen Show....
  • HOT !
    Maraknya aplikasi pesan online membuat Whatsapp selalu memberikan inovasi terhadap fitur aplikasinya. Bukan hanya mengirim teks, tetapi kini Whatsapp juga sudah dapat mengirimkan beberapa file video, foto, dokumen, bahkan website....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NeciJoiz
Cast : -Kim Jong In a.k.a Kai -Lee Taemin -Im Ji Yoon -Lee Gi Kwang -Choi Minho -Kim Woo Bin -Choi Min

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)