SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional, Intip Proses Pembuatannya

Rabu, 02 Oktober 2019 17:51 by zia92 | 457 hits
Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional, Intip Proses Pembuatannya
Image source: Google

DREAMERS.ID - Google ikut merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Saat membuka laman mesin pencarian itu, pengguna akan mendapati tampilan Google Doodle berupa karya batik berwarna biru yang sangat cantik.

Saat mengklik gambar batik tersebut, pengguna akan dialihkan ke berbagai hasil pencarian seputar Batik. Namun ada fakta menarik dari doodle ini yang ternyata tidak dibuat dengan menggunakan desain grafis komputer.

Diketahui bahwa Google menggunakan motif batik yang benar-benar dibuat menggunakan kain putih yang diwarnai dengan pigmen alami, nila dan oranye. Adalah seniman Lydia Nicholas yang membuatnya karya batik tersebut.



Baca juga: Bocoran Fitur Android 11 yang Baru Dirilis Google dalam Versi Beta

Mengutip dari Detik, Lydia belajar langsung bagaimana proses pembuatan batik dan terciptalah doodle batik yang kita lihat di halaman utama Google. Pertama-tama Lydia mengoleskan lilin ke kain muslin. Lalu kain dicelupkan ke air yang telah diberikan osage orange sehingga memberikan warna kuning muda.



Lydia kembali menerapkan lapisan lilin kedua menggunakan canting pada kain. Selanjutnya kain diberikan pewarna indigo. Lantaran proses oksidasi, warna yang tadinya hijau menjadi biru. Kain kemudian direbus untuk mengilangkan lilin. Setelah lilin naik dan mengeras, kain pun digantung hingga kering dan jadilah doodle batik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pastinya setiap orang pernah mengalami terjebak macet dijalan, apalagi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Jakarta, yang memiliki ‘langganan’ macet, terutama pada di jam jam sibuk....
  • HOT !
    Apple Inc dikabarkan bakal tetap merilis perangkat terbarunya meskipun banyak acara dibatalkan di tengah wabah virus corona. Raksasa teknologi asal AS itu akan meluncurkan iPhone SE 2 dan iPhone 9 pada 3 April mendatang melalui acara tahunan Apple pada akhir Maret....
  • HOT !
    Korea Selatan selalu memiliki tempat wisata yang menarik perhatian turis lokal maupun internasional. Seperti salah satunya wisata museum yang tidak sekedar berbau sejarah tetapi juga bisa menjadi tempat cuci mata, cocok untuk kamu si artsy....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)