SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Regulasi Vape Masih Simpang Siur, Peneliti: Indonesia Harus Belajar Dari Korea Selatan

Rabu, 02 Oktober 2019 12:00 by manachemvr | 544 hits
Regulasi Vape Masih Simpang Siur, Peneliti: Indonesia Harus Belajar Dari Korea Selatan
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Saat ini mungkin Indonesia termasuk negara yang masih belum memiliki regulasi resmi mengenai peredaran rokok elektrik/vape. Menilai pentingnya regulasi vape tersebut, peneliti di Indonesia menyarankan pemerintah untuk belajar dari Korea Selatan.

Amaliya yang merupakan peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik Indonesia (YPKP) dan Koalisi dan Bebas TAR (KABAR) mengatakan bahwa saat ini Korea Selatan sudah menerapkan regulasi soal vape. Regulasi tersebut didasarkan pada survey publik yang menemukan efek penggunaan vape.

Korsel beberapa waktu lalu melakukan penelitian dengan survey kepada beberapa perokok. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan penurunan angka sebesar 1,3 persen jumlah perokok aktif setelah menerapkan vape sebagai alternatif rokok bakar.

"Produk tembakau alternatif dinilai memiliki risiko kesehatan yang minim, dan mereka pemerintahan Korea sudah melegalkan produk itu, " ujar Amaliya, melansir Detik.

Menurut pemerintah Korea Selatan, dengan memberikan izin terhadap penggunaan vape dapat membuat lingkungan menjadi lebih bersih dibandingkan dengan rokok bakar.

"Itu menjadi solusi banyaknya perokok di Korea. Mereka juga menganggap dengan adanya rokok alternatif lebih bersih lingkungan, tidak ada puntung rokok, tidak ada asap, dan mereka anggap lebih bersih dibanding sebelumnya," tutur Amaliya.

Di Indonesia sendiri, regulasi penggunaan vape masih dirancang oleh Kementerian Kesehatan RI. Saat ini regulasi tersebut masih dalam tahap revisi yang masuk dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Meskipun demikian, dr Cut Putri Arinie Direktur Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI mengatakan bahwa Kemenkes hanya mengurus dampak penggunaan vape. Menurutnya regulasi atau izin peredaran vape terletak pada 32 lembaga kementertian lain.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Tentunya bagi kamu yang sering menggunakan celana jeans, kamu pasti sering menemukan sebuah kantong kecil yang berada di saku sebelah kanan atau kiri. Pastinya diantara kalian ada yang mempertanyakan kegunaan kantong kecil tersebut....
  • HOT !
    SuperM telah sukses melangsungkan debutnya di USA pada (4/10) dengan membawakan lagu ‘Jopping’. Disusul dengan acara Fansign dalam rangka melakukan promosi di USA hingga menjadi bintang tamu di Ellen Show....
  • HOT !
    Maraknya aplikasi pesan online membuat Whatsapp selalu memberikan inovasi terhadap fitur aplikasinya. Bukan hanya mengirim teks, tetapi kini Whatsapp juga sudah dapat mengirimkan beberapa file video, foto, dokumen, bahkan website....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NeciJoiz
Cast : -Kim Jong In a.k.a Kai -Lee Taemin -Im Ji Yoon -Lee Gi Kwang -Choi Minho -Kim Woo Bin -Choi Min

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)