SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Meningkatnya Penyakit Paru-paru Karena Vape yang Sempat Dianggap Aman

Senin, 23 September 2019 15:40 by manachemvr | 553 hits
Fakta Meningkatnya Penyakit Paru-paru Karena Vape yang Sempat Dianggap Aman
Image source: Klikdokter

DREAMERS.ID - Rokok elektrik atau Vape semakin menunjukan sisi buruknya. Sebelumnya sejumlah negara bagian di Amerika Serikat melarang penggunaan vape. Hal ini dilakukan lantaran sudah banyak korban meninggal akibat penyakit yang muncul dari penggunaan vape.

Saat ini tercatat sejumlah 500 orang di AS yang mengalami penyakit paru-paru misterius. Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS menyebutkan angka ini mengalami peningkatan dari 380 menjadi 530.

Mayoritas masyarakat saat ini beranggapan bahwa vape merupakan pengganti rokok tembakau yang cukup aman. Tetapi pengkritik mengatakan bahwa belum ada pemahaman penuh mengenai keamanan vape sebagai pengganti rokok tembakau terhadap kesehatan penggunanya.

Baca juga: Vaper Buat Kampanye Tandingan Pakai Foto Rontgen, Bukti Vape Aman Bagi Paru-Paru?

Untuk mencari penyebab penyakit paru-paru misterius tersebut, sebanyak 150 sampel produk vape diuji oleh Laboratorium Badan Pengawas Makanan dan Obat-Obatan AS (FDA). Dalam pengujiannya, tim penyelidik menemukan THC (Tetrahydrocannabinol), senyawa psikoaktif dalam ganja yang ditemukan dalam cairan isi ulang vape.

Tim penyidik menduga bahwa cairan vape isi ulang yang dapat diperoleh secara bebas merupakan cairan palsu yang dapat memicu berbagai penyakit misterius. Kasus penyakit akibat vape ini pertama kali diungkapkan dengan menunjukan gejala pasien yang mengalami kesulitan bernapas parah, batuk, nyeri dada, hingga mual.

Akibat dari banyaknya kasus serupa, akhirnya beberapa negara di Amerika Serikat sudah mulai mengeluarkan pelarangan penggunaan rokok elektrik atau vape. Diantaranya adalah Michigan yang mengawali pelarangan ini yang dilanjutkan oleh New York dan Los Angeles.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Pastinya setiap orang pernah mengalami terjebak macet dijalan, apalagi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Jakarta, yang memiliki ‘langganan’ macet, terutama pada di jam jam sibuk....
  • HOT !
    Apple Inc dikabarkan bakal tetap merilis perangkat terbarunya meskipun banyak acara dibatalkan di tengah wabah virus corona. Raksasa teknologi asal AS itu akan meluncurkan iPhone SE 2 dan iPhone 9 pada 3 April mendatang melalui acara tahunan Apple pada akhir Maret....
  • HOT !
    Korea Selatan selalu memiliki tempat wisata yang menarik perhatian turis lokal maupun internasional. Seperti salah satunya wisata museum yang tidak sekedar berbau sejarah tetapi juga bisa menjadi tempat cuci mata, cocok untuk kamu si artsy....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)