SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Meningkatnya Penyakit Paru-paru Karena Vape yang Sempat Dianggap Aman

Senin, 23 September 2019 15:40 by manachemvr | 511 hits
Fakta Meningkatnya Penyakit Paru-paru Karena Vape yang Sempat Dianggap Aman
Image source: Klikdokter

DREAMERS.ID - Rokok elektrik atau Vape semakin menunjukan sisi buruknya. Sebelumnya sejumlah negara bagian di Amerika Serikat melarang penggunaan vape. Hal ini dilakukan lantaran sudah banyak korban meninggal akibat penyakit yang muncul dari penggunaan vape.

Saat ini tercatat sejumlah 500 orang di AS yang mengalami penyakit paru-paru misterius. Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS menyebutkan angka ini mengalami peningkatan dari 380 menjadi 530.

Mayoritas masyarakat saat ini beranggapan bahwa vape merupakan pengganti rokok tembakau yang cukup aman. Tetapi pengkritik mengatakan bahwa belum ada pemahaman penuh mengenai keamanan vape sebagai pengganti rokok tembakau terhadap kesehatan penggunanya.

Baca juga: Regulasi Vape Masih Simpang Siur, Peneliti: Indonesia Harus Belajar Dari Korea Selatan

Untuk mencari penyebab penyakit paru-paru misterius tersebut, sebanyak 150 sampel produk vape diuji oleh Laboratorium Badan Pengawas Makanan dan Obat-Obatan AS (FDA). Dalam pengujiannya, tim penyelidik menemukan THC (Tetrahydrocannabinol), senyawa psikoaktif dalam ganja yang ditemukan dalam cairan isi ulang vape.

Tim penyidik menduga bahwa cairan vape isi ulang yang dapat diperoleh secara bebas merupakan cairan palsu yang dapat memicu berbagai penyakit misterius. Kasus penyakit akibat vape ini pertama kali diungkapkan dengan menunjukan gejala pasien yang mengalami kesulitan bernapas parah, batuk, nyeri dada, hingga mual.

Akibat dari banyaknya kasus serupa, akhirnya beberapa negara di Amerika Serikat sudah mulai mengeluarkan pelarangan penggunaan rokok elektrik atau vape. Diantaranya adalah Michigan yang mengawali pelarangan ini yang dilanjutkan oleh New York dan Los Angeles.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Belakangan ini banyak film film yang mengangkat tentang gangguan mental seperti film Joker dan Midsommar. Karena film film ini, banyak orang mulai peduli pada persoalan kesehatan mental dan mulai peduli pada orang yang mengidapnya....
  • HOT !
    Pada (10/10) Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto megalami kejadian yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit akibat tragedi penusukan di bagian perut oleh orang tak dikenal ketika berkunjung di Pandeglang, Banten....
  • HOT !
    Jika kamu sering memberikan kucing peliharaan susu, sebaiknya kamu harus menghentikan kebiasaan tersebut. Meskipun susu terasa enak, tetapi kucing dapat mengalami gangguan pencernaan. Seperti halnya pada manusia, sebagian kucing tidak bisa mencerna laktosa atau gula susu yang terdapat dalam produk susu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NeciJoiz
Cast : -Kim Jong In a.k.a Kai -Lee Taemin -Im Ji Yoon -Lee Gi Kwang -Choi Minho -Kim Woo Bin -Choi Min

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)