SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Menjaga Privasi Data WhatsApp yang Mungkin Kamu Lewatkan

Kamis, 12 September 2019 19:00 by zia92 | 844 hits
Cara Menjaga Privasi Data WhatsApp yang Mungkin Kamu Lewatkan
Image source: ZDNet

DREAMERS.ID - Masalah privasi atau kerahasiaan informasi terkadang menjadi hal yang dikhawatirkan pengguna. Banyak platform yang sebenarnya memungkinkan penggunanya untuk menjaga privasi serapat mungkin namun pengguna itu sendiri yang tak mengetahui caranya.

Khususnya di WhatsApp, mereka memberikan kebebasan kepada para penggunanya untuk mengatur tingkat privasi, karena tidak seluruh aktivitas kita harus diketahui orang lain yang ada dalam daftar kontak. Misalnya saja kamu sedang cuti berlibur namun statusnya menunjukkan ‘Online’ dan rekan kerja langsung 'menyerbu' dengan berbagai chat terkait pekerjaan.

Itu hanya salah satu contoh bagaimana pentingnya privasi dalam penggunaan aplikasi pesan instant, supaya kalian lebih nyaman menggunakannya. Mengutip dari Detik, berikut ini beberapa tips bagaimana memanfaatkan fitur privasi di WhatsApp yang perlu diketahui.

1. End-to-end encryption

Baca juga: Teknologi E-Wallet Berkembang Pesat, Facebook dan WhatsApp Dikabarkan Rilis Fitur Pembayaran Digital

Ini adalah satu satu pengaturan privasi yang paling utama. Dengan mengaktifkan fitur ini, pesan yang dikirim dan diterima melalui WhatsApp hanya dapat dilihat oleh mereka yang sedang berbincang. Pihak ketiga bahkan WhatsApp sendiri tidak bisa membaca pesan yang dikirim melalui aplikasi ini karena WhatsApp tidak pernah menyimpan pesan di dalam server.

2. Terlihat Tidak 'Online'

Ada kalanya, kalian butuh waktu luang atau butuh waktu lebih lama untuk membalas pesan yang ada di aplikasi ini. Jika menghadapi situasi tersebut, yang perlu dilakukan adalah buka fitur privasi WhatsApp di aplikasi. Caranya buka Pengaturan’, kemudian pilih Akun, Privasi, dan Nonaktifkan 'Read Receipt' atau 'Laporan Dibaca' agar tidak ada tanda yang menunjukkan bahwa kalian telah membaca pesan tersebut.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan kini tidak hanya menjadi negara yang semakin maju, tetapi juga ramah muslim. Terdapat satu area populer yang bisa dibilang seperti pusat wisata muslim yang berkunjung ke negeri ginseng, yaitu The Islamic Street....
  • HOT !
    WhatsApp hadir dengan beragam fitur mulai dari pengiriman pesan online hingga panggilan suara dan video. Tetapi ternyata Uni Emirat Arab memblokir akses pengguna untuk menggunakan fitur panggilan suara/video....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Facebook menggugat NSO Group atas tuduhan menyalahgunakan spyware Pegasus untuk meretas ponsel milik 1.400 orang melalui panggilan telepon WhatsApp, yang diduga mengincar sejumlah jurnalis, pengacara, aktivis hak asasi manusia (HAM), hingga politikus....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)