home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beda USB Type dan Micro USB yang Perlu Kamu Pahami

Kamis, 12 September 2019 16:42 by fzhchyn | 1050 hits
Beda USB Type dan Micro USB yang Perlu Kamu Pahami
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Seiring dengan berkembangnya teknologi, penggunaan jenis kabel yang digunakan dalam perangkat elektronik juga ikut berevolusi. Saat ini, USB Type-C menjadi jenis yang paling banyak digunakan untuk mengisi daya maupun transfer data atau file.

Sebelumnya, kita mengenal kebel jenis Micro USB. Lantas apa sebenarnya perbedaan yang paling signifikan antara dua jenis kabel tersebut?  Lucky Sebastian, seorang pengamat gadget mengatakan bahwa kabel USB Type-C berpotensi menjadi standar baru.


USB Type-C - Micro USB

Mengutip dari Detik, Lucky menjelaskan bahwa USB Type-C mmiliki plug USB dengan 24 pin yang bisa mengantarkan data digital, power, audio, dan video, sekaligus, yang tidak dimiliki oleh Micro USB.

"Jadi dari satu USB-C ini bisa digunakan untuk menggantikan berbagai plug lain yang sering terpisah, seperti HDMI, earphone jack, port charger, dll, sehingga perangkat (smartphone atau laptop) bisa lebih ringkas dan lebih tipis," jelasnya.

Dengan keunggulannya itu, kabel type-c juga sering digunakan dalam perangkat yang mengandalkan fast charging. "Salah satu pin dari USB-C bisa berkomunikasi antara charger dan perangkat, untuk memberikan daya sesuai yang dibutuhkan. Ini yang sering digunakan untuk fast charging power delivery," tutupnya.

Secara teknis, micro-USB berbekal kemampuan transfer data dengan kecepatan hingga 5Gbps, dan output daya maksimal berkapasitas 5V dan 1,8A. Sementara itu, USB Type-C berbekal kemampuan transfer data dengan kecepatan hingga 10Gbps, dan output daya maksimal berkapasitas 20V dan 5A.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)