DREAMERS.ID -Dilansir dari Food & Wine, terdapat fakta tentang generasi milenial yang lebih menyukai membeli bahan makanan organik dan makanan sehat. Hal tersebut bermula dari hasil penelitian sejumlah ahli terhadap salah satu supermarket asal Amerika Serikat (AS), Whole Foods.
Tempat ini diketahui menjual berbagai jenis bahan makanan organik dengan harga yang relatif lebih mahal dibanding supermarket lainnya. Namun, menurut data statistik, Whole Foods memiliki lebih banyak pelanggan dari berbagai kalangan, terutama generasi milenial.
Mereka tidak pernah mengklaim sebagai pemasok bahan makanan paling sehat di AS. Namun, Whole Foods mengakui bahwa mereka cukup ketat dalam memilih bahan makanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
“Kami selalu mencari bahan makanan paling alami dan organik. Proses pemilihannya sangat ketat dan disesuaikan dengan standar industri. Kami juga memiliki komitmen yang kuat untuk menciptakan sektor agrikultur yang berkelanjutan," tulis Whole Food pada keterangannya.
Baca juga: Studi Ungkap Generasi Milenial Punya Standar Sopan Santun Sendiri
Dengan bantuan sejumlah peneliti dari YouGov, Whole Foods melakukan survei terhadap 1.006 responden dengan rentan usia antara 22 - 37 tahun. Hasilnya, mereka ternyata rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan bahan makanan yang 'jelas' dari segi kualitas dan asal-usulnya.40% persen di antara mereka mengaku mempertimbangkan kualitas produk saat berbelanja. Sementara 68% responden lain, justru tidak berpikir panjang asalkan mendapat bahan makanan berkualitas. Selain itu, 65% responden mengaku lebih memilih bahan makanan yang jelas asal-usulnya, serta menjunjung nilai-nilai ramah lingkungan.
Selain itu, hasil survei juga menemukan bahwa mayoritas generasi milenial mulai beralih ke bahan makanan organik dan menghindari makanan berkemasan plastik dalam lima tahun terakhir. Hal tersebut tidak terlepas dari komitmen mereka untuk lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan.
"Milenial tidak hanya sekadar memasukkan produk ke dalam keranjang mereka saat berbelanja, mereka sangat concern tentang cerita di balik bahan makanan itu diproduksi, nilai kesehatan, dan kualitasnya," kata Sonya Gafsi Oblisk, selaku Whole Foods Market’s Chief Marketing Officer
(Rie127)