SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perhatikan Kandungan Ini, Jika Ingin Merasakan Manfaat dari Sushi

Selasa, 10 September 2019 20:06 by Rie127 | 975 hits
Perhatikan Kandungan Ini, Jika Ingin Merasakan Manfaat dari Sushi
Image Source: detik

DREAMERS.ID - Sushi merupakan hidangan populer khas Jepang yang terbuat dari nasi dan ikan sebagai bahan utama. Paduan karbohidrat, protein, dan serat di dalamnya membuat sushi sering digolongkan sebagai makanan sehat.

Namun, sebagian orang juga suka mengkonsumsi sushi dengan berbagai macam gorengan tambahan, yang dinilai tidak menyehatkan bagi tubuh, dan akan menghilangan nutrisi dari sushi.

Melansir dari Times of India, ada beberapa fakta mengenai nutrisi soal sushi yang perlu kamu ketahui, agar kamu tetap mendapat nutrisi penting dari sushi.

1. Beras


Image Source: okezone

Bahan utama sushi adalah nasi dari beras yang sudah diolah sehingga sebagian besar nutrisinya sudah hilang. Mengkonsumsi karbohirat olahan tersebut dikaitkan dengan peningkatan risiko peradangan, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, nasi sushi biasanya diolah dengan gula yang berarti karbohidrat akan dipecah dengan cepat dalam sistem pencernaan.

2. Ikan


Image Source: hellosehat

Selain nasi, ikan merupakan bahan utama dari pembuatan sushi. Jenis ikan yang paling umum digunakan untuk pembuatan sushi adalah tuna dan salmon. Ikan juga mengandung sumber protein dan yodium yang sangat baik, serta mengandung banyak vitamin dan mineral.

Tuna dan salmon adalah dua dari sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D, dan mengandung tinggi lemak omega-3 yang dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

3. Wasabi


Image Source: thedailymeal

Hidangan sushi biasanya disajikan dengan wasabi sebagai pelengkap. Memiliki rasa yang pedas ini ternyata wasabi kaya akan mineral seperti glukosinolat, karoten, dan isotiosianat. Senyawa ini diyakini dapat melawan peradangan dan kanker.

Namun, karena tanaman wasabi merupakan tanaman yang langka, wasabi biasanya diganti dengan lobak, bubuk mustard, atau pewarna hijau, yang artinya tidak ada kandungan yang bermanfaat. Karena kamu hanya bisa mendapatkan manfaat sehat dari wasabi asli.

4. Topping


Image Source: detik

Topping paling populer yang mengisi sushi adalah alpukat dan jamur. Alpukat sendiri mengandung banyak nutrisi, folat, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B. Alpukat juga kaya akan kalium dan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi jantung.

Sedangkan, jamur dapat membantu dalam mencegah penyakit dengan meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengandung vitamin B dan D.

5. Kecap Asin


Image Source: nibble

Kamu perlu mengurangi penggunaan kecap asin jika ingin mendapatkan nutrisi dari makan sushi. Meskipun kecap terbuat dari kedelai, kacang-kacangan yang sehat dan bergizi tinggi.

Namun, saus kedelai mengandung sodium. Satu sendok makan kecap asin mengandung lebih dari 1000 miligram sodium. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kembung.

6. Rumput Laut


Image Source: sanchi

Selain berbahan nasi, sushi juga dibungkus dengan nori yang merupakan sejenis rumput laut. Nori mengandung banyak nutrisi dalam bentuk fosfor, zat besi, natrium, yodium, kalsium, magnesium, tiamin, vitamin A, C, dan E. Nori juga mengandung sedikit protein, sehingga dapat menjadikannya sumber yang kaya makronutrien.

Meskipun sushi mengandung banyak nutrisi, namun kamu juga harus memperhatikan porsinya. Apalagi jika kamu memilih sushi yang disajikan dengan topping gorengan, banyak mayonnaise, atau saus keju. Hal ini malah membuat sushi jadi tidak sehat sama sekali.

Pilihlah topping dengan bahan yang alami, misalnya nigiri dengan sashimi salmon atau tuna. Hindari juga memakai kecap asin yang berlebihan, serta memilih restoran sushi autentik yang memakai wasabi asli sebagai pelengkap menu sushi. Lebih baik lagi jika restoran tersebut dapat mengganti nasi putih pada sushi dengan nasi cokelat.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Aksesori Rinaldy A. Yunardi kembali diakui oleh selebriti dunia. Belum lama ini Katy Perry terlihat mengenakan topi baret rancangan Rinaldy dalam acara Ellen DeGeneres Show....
  • HOT !
    Brand fesyen ‘Bstroy’ baru baru ini memperoleh kecaman keras dari netizen setelah mengeluarkan koleksi jaket yang memakai nama nama sekolah lokasi tragedi penembakan brutal....
  • HOT !
    Wisata Halal kini mulai digalakkan di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Tidak hanya gencar dipromosikan di Seoul, tetapi destinasi populer lainnya seperti Pulau Jeju juga tak kalah bersiap. Salah satu kuliner halal yang bisa kalian santap adalah di Daewonga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)