SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menyelamatkan Situs Karantina Haji Termewah di Zaman Belanda Yang Kini Terbengkalai

Minggu, 08 September 2019 08:00 by sukmagayatri | 637 hits
Menyelamatkan Situs Karantina Haji Termewah di Zaman Belanda Yang Kini Terbengkalai
Image source: Aceh Planet

DREAMERS.ID - Pulau Rubiah yang terletak di Sabang diketahui memiliki sebuah situs karantina haji termewah di zaman Belanda. Namun saat ini, alih-alih terawat dan dilestarikan, situs tersebut justru terbengkalai dan kondisinya begitu memprihatinkan.

Walikota Sabang, Nazaruddin mengatakan bahwa pemugaran situs terkendala karena kawasan situs yang berada di daerah konservasi yang dilindungi. Jadi, pemerintah setempat pun tidak memiliki kebebasan untuk membenahi situs tersebut tanpa seizin pemerintah pusat.

Nazaruddin menyatakan bahwa ia juga sudah menandatangani surat agar pulau Rubiah dikeluarkan dari zona konservasi, sehingga pembenahan Situs Karantina Haji di pulau Rubiah dapat kembali dilakukan.


Image source: Kumparan.com

Selain Situs Karantina Haji, pulau Rubiah juga memiliki beberapa tempat bersejarah lain. Salah satunya adalah makam dari istri Tengku Cik Di Iboih yang bernama Sarah Rubiah. 

Nazaruddin juga mengatakan bahwa permohonan kepada pemerintah pusat untuk mengeluarkan pulau rubiah dari zona konservasi sudah diajukan, dan nanti akan dibantu oleh DPR RI, Kemenag dan pihak terkait lain. Usaha ini dilakukan untuk kembali melestarikan Situs Karantina Haji yang ada di pulau tersebut beserta lokasi-lokasi bersejarah lain yang ada di pulau Rubiah. 

(sgd))

Komentar
  • HOT !
    Bagi penggemar film Disney, pastinya kalian sedang berbahagia saat ini. Karena, salah satu butik di Amerika Serikat bernama Allure Bridals akan membuat series gaun pengantin  ala Disney....
  • HOT !
    Cushion menjadi salah satu produk kosmetik yang sangat digemari para wanita. Bisa dibilang tren penggunaan cushion datang dari Korea Selatan. Ada cara khusus juga lho untuk mengaplikasikannya pada wajah kita dengan menggunakan lebih dari satu jenis....
  • HOT !
    Ajang Mobile World Congress (MWC) resmi dibatalkan penyelenggaraannya di tahun ini. Hal ini dikarenakan ancaman virus corona yang sampai saat ini masih mewabah di beberapa negara, meskipun MWC 2020 rencananya digelar di Barcelona, Spanyol yang notabene jauh dari negara negara yang terkena wabah virus tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)