home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menyelamatkan Situs Karantina Haji Termewah di Zaman Belanda Yang Kini Terbengkalai

Minggu, 08 September 2019 08:00 by sukmagayatri | 747 hits
Menyelamatkan Situs Karantina Haji Termewah di Zaman Belanda Yang Kini Terbengkalai
Image source: Aceh Planet

DREAMERS.ID - Pulau Rubiah yang terletak di Sabang diketahui memiliki sebuah situs karantina haji termewah di zaman Belanda. Namun saat ini, alih-alih terawat dan dilestarikan, situs tersebut justru terbengkalai dan kondisinya begitu memprihatinkan.

Walikota Sabang, Nazaruddin mengatakan bahwa pemugaran situs terkendala karena kawasan situs yang berada di daerah konservasi yang dilindungi. Jadi, pemerintah setempat pun tidak memiliki kebebasan untuk membenahi situs tersebut tanpa seizin pemerintah pusat.

Nazaruddin menyatakan bahwa ia juga sudah menandatangani surat agar pulau Rubiah dikeluarkan dari zona konservasi, sehingga pembenahan Situs Karantina Haji di pulau Rubiah dapat kembali dilakukan.


Image source: Kumparan.com

Selain Situs Karantina Haji, pulau Rubiah juga memiliki beberapa tempat bersejarah lain. Salah satunya adalah makam dari istri Tengku Cik Di Iboih yang bernama Sarah Rubiah. 

Nazaruddin juga mengatakan bahwa permohonan kepada pemerintah pusat untuk mengeluarkan pulau rubiah dari zona konservasi sudah diajukan, dan nanti akan dibantu oleh DPR RI, Kemenag dan pihak terkait lain. Usaha ini dilakukan untuk kembali melestarikan Situs Karantina Haji yang ada di pulau tersebut beserta lokasi-lokasi bersejarah lain yang ada di pulau Rubiah. 

(sgd))

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)