SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menyelamatkan Situs Karantina Haji Termewah di Zaman Belanda Yang Kini Terbengkalai

Minggu, 08 September 2019 08:00 by sukmagayatri | 576 hits
Menyelamatkan Situs Karantina Haji Termewah di Zaman Belanda Yang Kini Terbengkalai
Image source: Aceh Planet

DREAMERS.ID - Pulau Rubiah yang terletak di Sabang diketahui memiliki sebuah situs karantina haji termewah di zaman Belanda. Namun saat ini, alih-alih terawat dan dilestarikan, situs tersebut justru terbengkalai dan kondisinya begitu memprihatinkan.

Walikota Sabang, Nazaruddin mengatakan bahwa pemugaran situs terkendala karena kawasan situs yang berada di daerah konservasi yang dilindungi. Jadi, pemerintah setempat pun tidak memiliki kebebasan untuk membenahi situs tersebut tanpa seizin pemerintah pusat.

Nazaruddin menyatakan bahwa ia juga sudah menandatangani surat agar pulau Rubiah dikeluarkan dari zona konservasi, sehingga pembenahan Situs Karantina Haji di pulau Rubiah dapat kembali dilakukan.


Image source: Kumparan.com

Selain Situs Karantina Haji, pulau Rubiah juga memiliki beberapa tempat bersejarah lain. Salah satunya adalah makam dari istri Tengku Cik Di Iboih yang bernama Sarah Rubiah. 

Nazaruddin juga mengatakan bahwa permohonan kepada pemerintah pusat untuk mengeluarkan pulau rubiah dari zona konservasi sudah diajukan, dan nanti akan dibantu oleh DPR RI, Kemenag dan pihak terkait lain. Usaha ini dilakukan untuk kembali melestarikan Situs Karantina Haji yang ada di pulau tersebut beserta lokasi-lokasi bersejarah lain yang ada di pulau Rubiah. 

(sgd))

Komentar
  • HOT !
    Aksesori Rinaldy A. Yunardi kembali diakui oleh selebriti dunia. Belum lama ini Katy Perry terlihat mengenakan topi baret rancangan Rinaldy dalam acara Ellen DeGeneres Show....
  • HOT !
    Brand fesyen ‘Bstroy’ baru baru ini memperoleh kecaman keras dari netizen setelah mengeluarkan koleksi jaket yang memakai nama nama sekolah lokasi tragedi penembakan brutal....
  • HOT !
    Wisata Halal kini mulai digalakkan di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Tidak hanya gencar dipromosikan di Seoul, tetapi destinasi populer lainnya seperti Pulau Jeju juga tak kalah bersiap. Salah satu kuliner halal yang bisa kalian santap adalah di Daewonga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)