SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada! Ternyata Penyakit Berbahaya Dapat Menular Lewat Makanan

Rabu, 04 September 2019 12:00 by sukmagayatri | 531 hits
Waspada! Ternyata Penyakit Berbahaya Dapat Menular Lewat Makanan
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Jika kamu termasuk orang yang gemar untuk wisata kuliner, kamu harus berhati-hati mulai dari sekarang ketika memilih makanan untuk dimakan. Sebab, ada beberapa nama penyakit berbahaya yang ternyata dapat ditularkan melalui makanan, loh!

Menurut Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, KAI, untuk penyakit seperti Hepatitis A dan tifoid atau tifus, penularan nya dapat terjadi melalui makanan. Angka pasien yang mengidap penyakit tersebut juga terbilang tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang kebanyakan adalah kuliner. 

Prof. Samsuridjal menegaskan dalam acara yang diselenggarakan Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (Perdoki) bekerja sama dengan klinik In Harmon, bahwa beberapa negara seperti Thailand dan Singapura sudah menganggap penting soal penularan penyakit lewat makanan.

Berdasarkan pernyataan dari Prof. Samsuridjal, di Singapura selalu ada akses air bersih di tempat-tempat pedagang kaki lima untuk mencegah penularan penyakit. Di luar negeri juga sudah ada pernyataan food handler untuk menjaga keamanan makanan yang dikonsumsi. Dan masyarakat bisa mencegah penularan penyakit lewat makanan dengan melakukan imunisasi. 

Food handling adalah kegiatan yang mencakup proses pembuatan, pengekstrakan, penyimpanan, pengangkutan, pengiriman, pengolahan, penyajian makanan hingga pengaturan tampilan makanan. Sehingga keamanan dan kebersihan makanan yang dikonsumsi dapat lebih terjamin dan meminimalisir bakteri penyebab penyakit berbahaya yang ditularkan lewat makanan.

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Aksesori Rinaldy A. Yunardi kembali diakui oleh selebriti dunia. Belum lama ini Katy Perry terlihat mengenakan topi baret rancangan Rinaldy dalam acara Ellen DeGeneres Show....
  • HOT !
    Brand fesyen ‘Bstroy’ baru baru ini memperoleh kecaman keras dari netizen setelah mengeluarkan koleksi jaket yang memakai nama nama sekolah lokasi tragedi penembakan brutal....
  • HOT !
    Wisata Halal kini mulai digalakkan di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Tidak hanya gencar dipromosikan di Seoul, tetapi destinasi populer lainnya seperti Pulau Jeju juga tak kalah bersiap. Salah satu kuliner halal yang bisa kalian santap adalah di Daewonga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)