home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada! Ternyata Penyakit Berbahaya Dapat Menular Lewat Makanan

Rabu, 04 September 2019 12:00 by sukmagayatri | 629 hits
Waspada! Ternyata Penyakit Berbahaya Dapat Menular Lewat Makanan
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Jika kamu termasuk orang yang gemar untuk wisata kuliner, kamu harus berhati-hati mulai dari sekarang ketika memilih makanan untuk dimakan. Sebab, ada beberapa nama penyakit berbahaya yang ternyata dapat ditularkan melalui makanan, loh!

Menurut Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, KAI, untuk penyakit seperti Hepatitis A dan tifoid atau tifus, penularan nya dapat terjadi melalui makanan. Angka pasien yang mengidap penyakit tersebut juga terbilang tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang kebanyakan adalah kuliner. 

Prof. Samsuridjal menegaskan dalam acara yang diselenggarakan Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (Perdoki) bekerja sama dengan klinik In Harmon, bahwa beberapa negara seperti Thailand dan Singapura sudah menganggap penting soal penularan penyakit lewat makanan.

Baca juga: Penyakit Tidak Menular Lebih Berisiko Dibanding yang Menular, Apa Penyebabnya?

Berdasarkan pernyataan dari Prof. Samsuridjal, di Singapura selalu ada akses air bersih di tempat-tempat pedagang kaki lima untuk mencegah penularan penyakit. Di luar negeri juga sudah ada pernyataan food handler untuk menjaga keamanan makanan yang dikonsumsi. Dan masyarakat bisa mencegah penularan penyakit lewat makanan dengan melakukan imunisasi. 

Food handling adalah kegiatan yang mencakup proses pembuatan, pengekstrakan, penyimpanan, pengangkutan, pengiriman, pengolahan, penyajian makanan hingga pengaturan tampilan makanan. Sehingga keamanan dan kebersihan makanan yang dikonsumsi dapat lebih terjamin dan meminimalisir bakteri penyebab penyakit berbahaya yang ditularkan lewat makanan.

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)