SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Depresi dan Kecemasan Dapat Menular?

Rabu, 28 Agustus 2019 18:08 by manachemvr | 445 hits
Benarkah Depresi dan Kecemasan Dapat Menular?
Image source: Liputan 6

DREAMERS.ID - Pernahkah kamu menjadi tempat curhat jika teman kamu sedang mengalami kesedihan? Biasanya kita akan terbawa suasana entah itu sedih maupun depresi. Walaupun kita seakan merasakannya, bukan berarti depresi tersebut menular kepada kita loh!

Judy Ho, psikolog klinis dari California menjelaskan bawa penularan emosi adalah perasaan atau ekspresi emosi yang sama dengan orang-orang sekitar kita. Hal ini merupakan cara manusia sebagai mahluk sosial, merespon lingkungan sekitar kita.

"Kita melihat orang lain bagaimana merespon dan penularan emosi adalah bentuk ekstrem dari itu," kata Ho seperti dilansir dari Liputan6.

Emosi yang keluar dalam rangka merespon lingkungan kita tidak bisa disamakan dikatakan masalah mental itu menular sehingga kita juga mengalami mental yang sama.

Baca juga: Jadi 'Primadona' Anak-anak dan Milenials, Instagram Dinilai Ganggu Kesehatan Mental?

"Disfungsi kejiwaan dan psikologis bukan disebabkan oleh agen infeksi," menurut Gail Saltz, professor psikiatri dari New York-Presbyterian/Weill Cornell School of medicine yang menjelaskan bahwa masalah mental tidak bisa ditularkan kepada orang lain.

Beberapa penelitian juga pernah menyatakan bahwa masalah mental bisa dipengaruhi oleh faktor biologis. Contoh faktor biologis tersebut termasuk genetik, lingungan traumatis, pelecehan hingga paparan hal negatif.

"Gagasan bahwa interaksi sosial bisa meningkatkan risiko terdiagnosis dengan penyakit mental mungkin berasal dari kenyataan bahwa emosi dapat dengan mudah menyebar dari orang ke orang, namun emosi bersifat sementara dan tidak mewakili penyakit mental yang signifikan serta memerlukan perawatan." Tambah Ho.

Saltz menambahkan jika ada orang lain disekitar kita sedang mengalami masalah mental, jangan pernah untuk memutuskan hubungan dengan mereka. Keberadaan kita disamping orang yang sedang depresi akan membantu meringankan beban orang tersebut.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Usai Kobe Bryant dan putrinya dinyatakan menjadi korban tewas dalam kecelakaan helikopter maut, sejumlah tempat langsung memberikan tribut seraya mengenang sosok legendaris dari cabang olahraga basket itu....
  • HOT !
    Ji Chang Wook terpilih sebagai model global untuk CK Calvin Klein. Hal ini juga membuatnya sebagai aktor Korea pertama yang menjadi model global untuk salah satu lini dari brand fashion asal Amerika itu....
  • HOT !
    Ponsel milik bos Amazon, Jeff Bezos diretas pada Mei 2018 lalu, menurut laporan The Guardian. Pelakunya diduga adalah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, di mana pada saat itu Bezos menerima pesan WhatsApp terenkripsi dari nomor yang digunakan sang Putra Mahkota....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)