home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak di Air Minum Kemasan, WHO Sebut Mikroplastic Tak Berbahaya untuk Manusia?

Kamis, 22 Agustus 2019 14:50 by manachemvr | 12163 hits
Banyak di Air Minum Kemasan, WHO Sebut Mikroplastic Tak Berbahaya untuk Manusia?
imagesource: https://www.ayobandung.com/read/2018/

DREAMERS.ID - Peningkatan produksi plastik akhir-akhir ini menyebabkan kekhawatiran bagi masyarakat. Bukan hanya dapat mengotori lingkungan sekitar, mikroplastik dianggap berbahaya bagi tubuh manusia.

Mikroplastik sendiri merupakan plastik yang ukurannya kurang dari setengah millimeter. Badan kesehatan PBB, yakni WHO membantah rumor mengenai mikroplastik berbahaya bagi tubuh manusia.

Melalui penelitian terbarunya WHO mengatakan bahwa tidak ada bukti yang ditemukan mengenai mikroplastik yang dinilai dapat mengancam kesehatan tubuh manusia, seperti dikutip dari Kompas.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti, WHO masih akan melakukan banyak penelitian untuk memahami bagaimana plastik dan kandungannya dapat menyebar ke lingkungan dan apa efeknya bagi tubuh manusia.

Sejauh ini WHO melalui laporannya mengatakan bahwa mikroplastik yang besarnya lebih besar dari 150 mikrometer pun masih dapat melewati tubuh manusia. Untuk ukuran yang lebih kecil dapat berpotensi tersangkut ketika melewati dinding saluran pencernaan, tetapi tidak akan menumpuk dalam jumlah yang berbahaya.

“Berdasarkan bukti terbatas yang tersedia, bahan kimia dan mikroba patogen yang terkait dengan mikroplastik dalam air minum menimbulkan kekhawatiran yang rendah bagi kesehatan manusia. Meskipun tidak ada informasi yang cukup untuk menarik kesimpulan yang kuat tentang toksisitas nanopartikel, tidak ada informasi yang dapat diandalkan untuk menunjukkan bahwa itu adalah masalah," ujar pihak WHO.

Tetapi walaupun hasil dari penelitian terbaru mengungkapkan mikroplastik tidak berbahaya bagi manusia, WHO tetap menganjurkan untuk mengurangi sampah plastik dan mulai menggunakan produk daur ulang.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Berenang merupakan salah satu olahraga yang memberikan banyak manfaat, tidak hanya memberikan latihan kardio, namun juga melatih semua otot tubuh, karena berenang mengharuskan bagian tubuh untuk terus bergerak....
  • HOT !
    Liburan bersama teman teman dekat atau pasangan tidak lengkap jika belum mampir ke tempat yang romantis dan instagram able. Ada banyak pilihannya di Korea Selatan, salah satunya adalah Colline Cafe yang penuh dengan bunga....
  • HOT !
    Dilansir dari CNN, sejak virus corona dinyatakan sebagai pandemi orang orang lebih rentan mengalami sindrom patah hati atau biasa yang disebut dengan Broken Heart Syndrome....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : princessnanda
Cast : nanda(you),exo,super junior,edo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)