SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rekomendasi Tempat Wisata di Banjarmasin untuk Solo Traveler Wanita

Kamis, 08 Agustus 2019 20:50 by reinasoebisono | 4796 hits
Rekomendasi Tempat Wisata di Banjarmasin untuk Solo Traveler Wanita
Image source: iNews

DREAMERS.ID - Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan sendiri (solo traveling) terasa lebih menyenangkan daripada bersama banyak orang. Pasalnya, ada banyak kegiatan yang bisa dengan bebas mereka lakukan saat berada di tempat wisata. Jika dahulu solo traveling hanya dilakukan oleh pria, kini kegiatan tersebut juga banyak dilakukan oleh wanita.

Salah satu tips aman bagi para solo traveler wanita adalah mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di kawasan sekitar pusat kota, seperti beberapa destinasi wisata di Banjarmasin berikut ini dan jangan lupa booking hotel di banjarmasin yang aman.

Kampung Sasirangan

Jika Anda ingin memiliki kain asli bercorak Banjar, ada baiknya Anda datang ke Kampung Sasirangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kampung Batik Sasirangan. Sebagaimana namanya, kampung ini merupakan sentra batik khas Banjar. Di sana, sudah tersedia kain, baju, kerudung, peci, serta beragam akseseori bermotif batik.

Menurut sejarahnya, kain Sasirangan dahulu biasa dipakai masyarakat suku Banjar saat menggelar upacara adat. Namun terkadang, kain ini juga dikenakan oleh orang-orang yang sedang sakit karena dipercaya mampu menyembuhkan penyakit tertentu. Kini, batik Sasirangan biasa dipakai dalam berbagai acara. Kain ini juga banyak dicari wisatawan sebagai buah tangan.

Museum Wasaka

Nama Museum Wasaka berasal dari singkatan waja sampai ka puting. Yang artinya, ‘perjuangan sampai titik darah penghabisan’. Museum perjuangan ini berlokasi di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Dari luar, Museum Wasaka tampak begitu artistik dengan desain arsitektur bangunan khas Banjar. Di bagian dalam, terdapat beragam koleksi benda-benda bersejarah yang dahulu pernah digunakan rakyat Banjar untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Menara Pandang Banjarmasin


Image source: Indonesia Tourism

Untuk menikmati pemandang di sekitar Kota Banjarmasin, Anda dapat berkunjung ke menara pandang. Menara tersebut berlokasi di sebuah bangunan berlantai empat yang berada di tepi Sungai Martapura.

Dari lantai teratas bangunan, Anda dapat menyaksikan panorama Kota Banjarmasin yang dibelah oleh Sungai Martapura. Menara pandang ini dapat Anda kunjungi pada siang, sore, atau malam hari. Jika datang ke sana pada malam hari, pemandangan yang paling tampak jelas bukan lagi bangunan-bangunan, melainkan kerlap-kerlip lampu perkotaan yang begitu indah menyerupai taburan bintang-bintang.

Baca juga: Deretan Tempat Wisata Keren dan Super Instagrammable di Manado

Pasar Terapung Lok Baintan


Image source: Tribunnews

Berwisata ke Balikpapan tentu kurang lengkap rasanya jika belum berkunjung ke pasar terapung. Pasar yang menjadi ikon pariwisata Kota Banjarmasin ini sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Untuk melestarikan salah satu budaya tradisional ini agar tidak punah, pemerintah setempat bersama masyarakat mengembangkannya menjadi destinasi wisata di beberapa tempat di Kota Banjarmasin. Salah satu yang paling terkenal adalah Pasar Terapung Lok Baintan.

Di pasar terapung ini, Anda dapat berbelanja buah dan sayur, serta berwisata kuliner dengan menu masakan khas Banjar di atas perahu. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Namun terkadang, beberapa pedagang memperbolehkan pembeli untuk menawar.

Masjid Sultan Suriansyah

Jika Anda ingin mengetahui sejarah persebaran Islam di Banjarmasin, berkunjunglah ke Masjid Sultan Suriansyah. Masjid bersejarah yang juga merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan ini diperkirakan sudah dibangun sejak tahun 1526, tepatnya pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah.

Dari luar, arsitektur bangunan masjid ini tampak begitu unik karena dibuat berundak. Selain itu, ada juga ornamen-ornamen penunjang yang menambah keindahan masjid ini, seperti ukiran-ukiran khas Banjar, serta kaligrafi yang ada di dalam dinding Masjid Sultan Suriansyah ini.

Demikianlah 5 rekomendasi tempat wisata di Banjarmasin yang aman dikunjungi, khususnya untuk para traveler wanita. Namun supaya perjalanan wisata Anda lebih aman, ada baiknya Anda memilih hotel di Banjarmasin yang nyaman dan aman. Sementara cara paling untuk menemukannya adalah melalui Airy.

Di aplikasi Airy Rooms, sudah tersedia beragam hotel murah yang menawarkan fasilitas memuaskan. Jadi, kamu tetap bisa berwisata dengan aman, nyaman, tanpa harus menguras anggaran.

Diskon 50% maksimal potongan Rp50.000 tanpa minimum transaksi dan hanya Berlaku untuk seluruh properti Airy di Indonesia. Masukkan kode kupon setelah memilih metode pembayaran pada halaman pembayaran. 

Tiap kode kupon hanya dapat digunakan 1 kali oleh setiap customer selama periode promo. Berlaku untuk pemesanan melalui website, mobile website & aplikasi Airy terbaru (minimal versi 1.19.0 untuk Android dan versi 1.20.0 untuk iOS).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Selain sibuk sebagai rapper, Kanye West dikenal sukses dengan bisnis sepatu yang dinamai Yezzy. Istri dari Kim Kardashian itu pun selalu muncul dengan ide desain baru untuk setiap koleksi yang bakal dirilis....
  • HOT !
    Ditinggal ketika masih berusia 20 tahun membuat Cristiano Ronaldo merasa sedih jika harus teringat sang ayah. Sama halnya Ronaldo yang pada saat itu menjadi bintang tamu dalam acara TV bersama Piers Morgan....
  • HOT !
    Pernah tidak kamu merasa ketika sedang bercermin saat baru bangun tidur dan mendapati kedua matamu terlihat bengkak seperti habis menangis? ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)