SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ini Alasan Kita Tidak Bisa Tidur Tanpa Menggunakan Selimut

Selasa, 20 Agustus 2019 18:10 by Rie127 | 625 hits
Ternyata Ini Alasan Kita Tidak Bisa Tidur Tanpa Menggunakan Selimut
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tidur dengan suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan juga dingin, ditambah dengan menggunakan selimut merupakan cara yang tepat jika ingin tidur dengan nyenyak. Terbiasa tidur dengan menggunakan selimut, kemungkinan mereka akan sulit tidur jika tidur tanpa menggunakan selimut.

“Penurunan suhu tubuh terjadi tepat sebelum kita tidur. Dan suhu ini akan terus turun sepanjang malam. Ini merupakan cara tubuh menghemat energi sehingga bisa dialihkan ke sistem lainnya, misalnya pencernaan," kata Better Sleep Council, Ellen Wermter

Selimut akan menjaga agar suhu tubuh tidak turun terlalu rendah yang dapat membuat kita terbangun karena kedinginan. Dengan begitu, tidur pun akan lebih nyenyak dan proses regenerasi sel dapat berjalan lancar. Namun, pada saat udara panas memakai selimut akan membuat tidur tidak nyenyak. Karena selimut dapat membuat panas terperangkap.

Jika penurunan suhu tubuh sebelum tidur merupakan sinyal bagi tubuh untuk tidur, maka sebaliknya suhu yang panas akan membuat otak mengira ini adalah waktunya aktif, bukan istirahat. Memang ada orang yang tetap bisa tidur meski udara panas, namun biasanya tidak akan nyenyak.

"Suhu inti tubuh akan naik dan membuat kita terbangun karena tubuh berusaha mendinginkan suhunya. Ini akan membuat kita terbangun beberapa kali sepanjang malam," ujarnya.

Sayangnya, jika kita sudah terbiasa pakai selimut untuk tidur, maka tanpanya kita akan merasa ada yang kurang. Tubuh pun sulit untuk rileks dan mengantuk. Penggunaan selimut memang membuat kita merasa nyaman.

Jika kita tidur di ruangan ber-AC, selimut yang relatif tebal akan menghasilkan stimulasi tekanan dalam, yang mengaktifkan sistem saraf dan merangsang hormon tertentu yang membantu tidur nyenyak.

Bila ingin tetap memakai selimut ketika udara panas, kita bisa menyiasatinya dengan menurunkan suhu tubuh dengan cara mandi sebelum tidur. Cara lain adalah memakai selimut tipis atau memakai baju tidur yang tipis sehingga pemakaian selimut tak akan menyebabkan kita kepanasan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)