SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tangkal Hoax, Instagram Tambah Fitur untuk Tandai Informasi Palsu

Selasa, 20 Agustus 2019 17:02 by zia92 | 328 hits
Tangkal Hoax, Instagram Tambah Fitur untuk Tandai Informasi Palsu
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Segala bentuk informasi begitu cepat tersebar melalui jejaring sosial. Untuk membendung beredarnya informasi palsu alias hoax dan pelanggaran lain dalam layanannya, Instagram sebagai salah satu platform media sosial terbesar pun telah menambahkan opsi atau pilihan bagi pengguna untuk melaporkan unggahan yang mereka anggap salah.

"Ini adalah langkah awal kami untuk berupaya menuju pendekatan yang lebih komprehensif untuk mengatasi informasi yang salah," kata Juru Bicara Facebook Stephanie Otway kepada Reuters, mengutip Detik.

Langkah ini dilakukan Facebook sebab beredar kabar bahwa Instagram menjadi sasaran empuk elit politik Rusia untuk menyebarkan informasi palsu sejak pemilihan presiden Rusia 2018. "Penilaian kami adalah bahwa Instagram kemungkinan akan menjadi medan pertempuran utama (aktor politik Rusia) secara berkelanjutan," tutur Otway.

Upaya Facebook untuk menangkal informasi palsu sebenarnya sudah dilakukan pada Mei lalu, di mana perusahaan menggunakan sistem pendeteksian gambar untuk menemukan konten yang tidak sesuai dengan Pedoman Komunitas. Selain itu, Facebook juga mengerahkan sejumlah kontraktor yang tergabung di dalam tim pengecekan fakta yang bekerja dalam 42 bahasa. 

Demi melancarkan langkah Facebook untuk memberantas informasi palsu yang beredar di layanan media sosial mereka, salah satu mitra pengecekan fakta Facebook, Full Fact bahkan meminta perusahaan untuk memberikan banyak data terkait bagaimana konten itu ditandai dari waktu ke waktu.

Sebagai informasi, Facebook melaporkan pihaknya telah menghapus 97 akun, laman, dan grup pada Mei lalu. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini mengatakan sebagian besar akun yang dihapus digunakan untuk menyebarkan informasi menyesatkan yang berasal dari Rusia.

Aksi 'bersih-bersih' Facebook berlanjut setelah sebelumnya melaporkan telah menghapus 2.632 halaman, grup, dan akun yang diduga memiliki keterkaitan dengan Iran, Rusia, Makedonia, dan Kosovo dengan dalih menyebar propaganda.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Aksesori Rinaldy A. Yunardi kembali diakui oleh selebriti dunia. Belum lama ini Katy Perry terlihat mengenakan topi baret rancangan Rinaldy dalam acara Ellen DeGeneres Show....
  • HOT !
    Brand fesyen ‘Bstroy’ baru baru ini memperoleh kecaman keras dari netizen setelah mengeluarkan koleksi jaket yang memakai nama nama sekolah lokasi tragedi penembakan brutal....
  • HOT !
    Wisata Halal kini mulai digalakkan di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Tidak hanya gencar dipromosikan di Seoul, tetapi destinasi populer lainnya seperti Pulau Jeju juga tak kalah bersiap. Salah satu kuliner halal yang bisa kalian santap adalah di Daewonga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)