home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Hanya Sekedar Minuman, Ternyata Teh Tawar Punya Banyak Khasiat 'Manis' untuk Tubuh

Selasa, 13 Agustus 2019 16:15 by sukmagayatri | 2858 hits
Bukan Hanya Sekedar Minuman, Ternyata Teh Tawar Punya Banyak Khasiat 'Manis' untuk Tubuh
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Untuk kamu yang suka sekali nge-teh, sudah taukah bahwa meminum teh tanpa diberi gula ternyata mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kritis.

Menurut Anthony Kouri, MD, ahli bedah ortopedi di Toledo, Ohio teh berasal dari tanaman Camellia sinensis yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin. Katekin sendiri terbagi atas senyawa Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) itulah yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teh tawar, diantaranya:

1. Mengurangi risiko kanker kulit

Meminum teh hitam ternyata cukup efektif dalam mencegah karsinoma sel skuamosa atau salah satu jenis kanker kulit, menurut Direktur Nutrisi dan Psikiatri Gaya Hidup di Massachusetts General Hospital and Faculty at Harvard Medical School.

2. Membuat gigi lebih kuat

Teh terntara memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut, menurut penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology. Sehingga, jika meminum teh tawar setiap hari dapat membuat gigi kamu yang berlubang tidak semakin parah.

3. Mengurangi risiko diabetes

Baca juga: Peneliti di Jepang Ungkap Ada Dua Jenis Teh Mampu Menangkal Virus Corona

Meminum teh setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan. Lebih bagus lagi jika jenis teh yang diminum adalah teh hitam.

4. Meningkatkan pembakaran lemak

Jika kamu berniat untuk diet, maka kamu cocok mengkonsumsi teh hijau tawar karena kandungan kafeinnya yang sebesar 40 miligram kafein per cangkir, kandungan kafein tersebut membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak hingga 100 kalori per hari. 

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Untuk kamu yang menderita insomnia, menurut penelitian di Integrative Medicine Research, minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada orang yang memiliki insomnia ringan hingga sedang. 

6. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan katekin yang terdapat di dalam teh dapat mengurangi peradangan sehingga menghambat pembentukan plak di arteri vital. Khasiat antiinflamasi dari teh juga dapat membuat pembuluh darah rileks dan jernih, sehingga dapat mengurangi tekanan pada jantung.

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)