SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akan Dilarang Mulai Tahun 2020, Ini Bahayanya Zat Triclosan Yang Terdapat Dalam Sabun

Senin, 12 Agustus 2019 13:18 by Rie127 | 70891 hits
Akan Dilarang Mulai Tahun 2020, Ini Bahayanya Zat Triclosan Yang Terdapat Dalam Sabun
Image Source: Alo Dokter

DREAMERS.ID - Tahukah kalian, jika sabun ataupun pasta gigi dapat memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan? Hal ini dikarenakan produk tersebut memiliki kandungan zat Triclosan atau zat antibakteri yang nyatanya malah berbahaya bagi tubuh.

Dilansir dari Medical Daily, Triclosan merupakan zat kimia yang dinilai ampuh sebagai zat antibakteri. Sayangnya, kemampuan tersebut dikaitkan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Selain itu zat tersebut dapat meningkatkan alergi, asma, dan eksim terutama pada anak-anak.

Dampak paling serius akibat menggunakan produk yang mengandung zat Triclosan, saat ini sedang terjadi di AS. The Food and Drug Administration (FDA) menyatakan, penggunaan zat Triclosan yang tidak sesuai dengan aturan, dapat menyebabkan resistensi antimikroba (AMR).


Image Source: liputan6

AMR sendiri dapat meningkatkan kemungkinan munculnya bakteri yang super kebal terhadap sebagian besar jenis antibiotik. Mikroba yang kebal tersebut menjadi lebih sulit untuk diobati dan membutuhkan dosis antibiotik yang lebih tinggi.

Semakin sering orang menggunakan produk pembersih tubuh yang mengandung zat Triclosan, kemungkinan bakteri untuk bermutasi dan menghasilkan generasi yang mampu melawan antibiotic akan menjadi lebih tinggi. 

Kondisi tersebut membuat FDA melarang penggunaan zat Triclosan pada sabun cair di AS pada tahun 2020 nanti. Perusahaan yang menggunakan zat Triclosan pada produknya pun tidak dapat membuktikan bahwa sabun mandi yang mengandung zat Triclosan lebih efektif dalam mencegah penyakit, dari pada sabun mandi tanpa bahan tersebut.

Walau zat Triclosan masih diizinkan untuk digunakan pada produk kebersihan pribadi lainnya, FDA dan para ahli merekomendasikan konsumen untuk memilih produk hand sanitizer berbahan dasar alkohol, atau sabun mandi dengan kandungan sabun dan air, dari pada produk yang mengandung zat Triclosan

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Sebelumnya pada awal Mei, beberapa museum dan tempat wisata di Korea Selatan mulai dibuka untuk wisatawan. Namun setelah itu muncul kasus kasus infeksi virus corona baru di sejumlah wilayah, yang akhirnya menyebabkannya ditutup kembali....
  • HOT !
    Twitter terus menambahkan fitur fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Yang terbaru, media sosial dengan ikon burung ini telah memulai uji coba fitur yang menungkinkan pengguna untuk membatasi ‘reply’ atau balasan terhadap tweet mereka....
  • HOT !
    Kegiatan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah sudah menjadi rutinitas selama pandemi virus corona, dan tentunya para karyawa akan kembali bekerja di kantor jika pandemi ini sudah berakhir. Namun lain halnya bagi Twitter yang berencana mempersilakan karyawannya untuk WFH selamanya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)