SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Termasuk Cyber Bullying, Inikah Alasan Utama Orang Mudah Sekali 'Julid' di Dunia Maya?

Jumat, 02 Agustus 2019 14:29 by zia92 | 862 hits
Termasuk Cyber Bullying, Inikah Alasan Utama Orang Mudah Sekali 'Julid' di Dunia Maya?
Image source: Medium

DREAMERS.ID - Bullying atau perundungan kini tak hanya terjadi dengan menggunakan fisik. Verbal maupun kata-kata yang ditulis secara online dapat menjadi tindakan bully, yang bahkan pada prakteknya lebih mudah dilakukan di era digital saat ini.

Seorang Associate Professor Institute for Population and Social Research di Mahidol University, Thailand Rosalia Sciortino pun tak memungkiri bahwa banyak orang, terutama wanita yang menjadi korban bully di dunia maya. "Sayangnya kita memang punya standar kecantikan dan itu dijadikan komersil. Perempuan harus putih, tinggi, langsing. Itu bikin perempuan berusaha seperti itu dan akhirnya jadi bullying lagi saat nggak bisa begitu," ujarnya mengutip Detik.

Intinya, banyak sekali permasalahan bully yang bermula hanya dari penampilan fisik yang ada dan herannya si ‘tukang julid’ atau orang yang suka menyindir di medsos pun terkesan tak berpikir dua kali begitu menuliskan komentar.

Baca juga: Hampir 41 Persen Anak di Indonesia Pernah Mengalami Bullying, Bagaimana Dampaknya ?

Sciortino beranggapan bahwa medsos adalah tempat di mana orang bisa mengaburkan jati dirinya sehingga tak heran banyak yang lebih 'berani' dalam mem-bully orang. "Anonimitas yang membuat fenomena ini sama dengan geng di mana mereka berani karena satu kelompok, tidak sendiri-sendiri. Dalam internet mereka berani karena memang anonim, kita tidak tahu siapa orang ini," lanjutnya.

Wanita yang merupakan salah satu aktivis perempuan ini pun beranggapan bahwa sebetulnya isu cyber bullying sendiri sudah sepatutnya mendapatkan perhatian lebih lewat pembentukan badan independen yang mengurusi hal tersebut.

"Kita tidak tahu komentar yang user itu buat bernada bullying atau bukan, hoaks atau bukan, karena kita tidak punya badan independen untuk itu. Kita memang secara internasional sudah perlu badan independen yang mengatur cyber bullying ataupun komentar yang menjurus ke arah situ," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada hari Kamis (5/12/19), Atlet cabang menembak, Vidya Rafika kembali menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas untuk Indonesia....
  • HOT !
    Korea Selatan dan sejumlah negara saat ini sudah memasuki musim dingin. Tren gaya busana pun berganti menjadi serba tertutup. Apabila kamu akan mengunjungi negara negara dengan musim dingin, bisa mengikuti airport fashion dari sederet seleb Korea ini....
  • HOT !
    Natal merupakan salah stau hari raya yang paling dinantikan oleh umat kristiani di seluruh dunia. Memandang pohon pohon yang dihiasi oleh pernak pernik natal, dan mendengarkan lagu natal di sepanjang jalan memang sesuatu yang menggembirakan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)