SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Termasuk Cyber Bullying, Inikah Alasan Utama Orang Mudah Sekali 'Julid' di Dunia Maya?

Jumat, 02 Agustus 2019 14:29 by zia92 | 835 hits
Termasuk Cyber Bullying, Inikah Alasan Utama Orang Mudah Sekali 'Julid' di Dunia Maya?
Image source: Medium

DREAMERS.ID - Bullying atau perundungan kini tak hanya terjadi dengan menggunakan fisik. Verbal maupun kata-kata yang ditulis secara online dapat menjadi tindakan bully, yang bahkan pada prakteknya lebih mudah dilakukan di era digital saat ini.

Seorang Associate Professor Institute for Population and Social Research di Mahidol University, Thailand Rosalia Sciortino pun tak memungkiri bahwa banyak orang, terutama wanita yang menjadi korban bully di dunia maya. "Sayangnya kita memang punya standar kecantikan dan itu dijadikan komersil. Perempuan harus putih, tinggi, langsing. Itu bikin perempuan berusaha seperti itu dan akhirnya jadi bullying lagi saat nggak bisa begitu," ujarnya mengutip Detik.

Intinya, banyak sekali permasalahan bully yang bermula hanya dari penampilan fisik yang ada dan herannya si ‘tukang julid’ atau orang yang suka menyindir di medsos pun terkesan tak berpikir dua kali begitu menuliskan komentar.

Sciortino beranggapan bahwa medsos adalah tempat di mana orang bisa mengaburkan jati dirinya sehingga tak heran banyak yang lebih 'berani' dalam mem-bully orang. "Anonimitas yang membuat fenomena ini sama dengan geng di mana mereka berani karena satu kelompok, tidak sendiri-sendiri. Dalam internet mereka berani karena memang anonim, kita tidak tahu siapa orang ini," lanjutnya.

Wanita yang merupakan salah satu aktivis perempuan ini pun beranggapan bahwa sebetulnya isu cyber bullying sendiri sudah sepatutnya mendapatkan perhatian lebih lewat pembentukan badan independen yang mengurusi hal tersebut.

"Kita tidak tahu komentar yang user itu buat bernada bullying atau bukan, hoaks atau bukan, karena kita tidak punya badan independen untuk itu. Kita memang secara internasional sudah perlu badan independen yang mengatur cyber bullying ataupun komentar yang menjurus ke arah situ," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
     Kota Balikpapan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur merupakan kawasan tambang minyak yang juga memiliki banyak destinasi wisata. Di Balikpapan, Anda tidak hanya dapat berwisata kuliner, tetapi juga bisa menemukan banyak lokasi yang instagrammable....
  • HOT !
    Joe Jonas yang berulang tahun ke 30 pada Kamis (15/8/19) lalu akhirnya merayakan pergantian usianya bersama sahabat dan keluarga dalam sebuah pesta bertema James Bond. Bersama dengan sang istri Sophie Turner, Joe Jonas menampakkan aura yang luar biasa dalam pesta yang digelar di New York tersebut....
  • HOT !
    Rangakaian dari produk skincare yang wajib dimiliki baik wanita atauapun pria adalah pelembab atau moisturizer. Dengan menggunakannya secara rutin, dapat memperoleh kulit wajah yang kenyal, halus, dan lembab. Pelembab wajah akan sangat membantu dalam kesehatan wajah, salah satunya adalah terhindari dari kulit kering yang dapat membuat wajah pecah pecah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)