SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Makanan Pedas Menjadi Salah Satu Penyebab Pikun?

Senin, 29 Juli 2019 16:11 by Rie127 | 8333 hits
Ternyata Makanan Pedas Menjadi Salah Satu Penyebab Pikun?
Image Source: Health Eating

DREAMERS.ID - Mengkonsumsi makanan pedas merupakan kenikmatan tersendiri bagi beberapa orang di dunia, khususnya di Asia. Sebagian besar warga Asia merasa kurang lengkap jika makan tanpa sambal.

Sayangnya, riset menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan pedas yang terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan pikun.

Riset yang telah dipublikasikan dalam The Medical Journal Nutrients menganalisis mengenai diet dan demensia. Periset menemukan mereka yang mengkonsumsi lebih dari 50 gram cabai perhari, berisiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif dan daya ingat.


Image Source: qraved

Riset tersebut dilakukan selama 15 tahun di bawah pimpinan Zumin Shi. Riset dilakukan dengan meneliti 4.582 orang dewasa di Tiongkok yang berusia 55 tahun ke atas. Selama penelitian, periset menemukan cabai sebagian besar dikonsumsi oleh orang-orang dengan indeks massa tubuh rendah dan pendapatan lebih rendah.

Mereka yang mengkonsumsi cabai secara fisik sangat aktif dibandingkan dengan orang lain. Namun, di akhir penelitian periset menemukan peserta yang makan lebih dari 50 gram cabai dalam sehari mengalami penurunan kognitif yang lebih cepat.

Riset ini menunjukan, mengkonsumsi cabai berlebihan dapat meningkatkan risiko masalah kognitif dan penurunan daya ingat pada seseorang dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi kurang dari 50 gram cabai sehari.

“Konsumsi cabai ternyata bermanfaat untuk berat badan dan tekanan darah dalam penelitian kami sebelumnya," ucap Zumin Shi.

Epidemiolog Ming Li dari University of South Australia, mengatakan hanya cabai segar dan kering yang berbahaya bagi otak. Sedangkan lada hitam dan capsicum manis tidak menunjukkan efek buruk pada kesehatan.

Ia mengatakan, daerah-daerah tertentu di Tiongkok, seperti Sichuan dan Hunan, hampir satu dari tiga orang dewasa mengkonsumsi makanan pedas setiap hari. Sayangnya, penelitian ini tidak mempertimbangkan faktor tingkat pendidikan dan berat badan seseorang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan adanya penelitian lebih lanjut untuk menguak hal ini.
 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
     Kota Balikpapan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur merupakan kawasan tambang minyak yang juga memiliki banyak destinasi wisata. Di Balikpapan, Anda tidak hanya dapat berwisata kuliner, tetapi juga bisa menemukan banyak lokasi yang instagrammable....
  • HOT !
    Joe Jonas yang berulang tahun ke 30 pada Kamis (15/8/19) lalu akhirnya merayakan pergantian usianya bersama sahabat dan keluarga dalam sebuah pesta bertema James Bond. Bersama dengan sang istri Sophie Turner, Joe Jonas menampakkan aura yang luar biasa dalam pesta yang digelar di New York tersebut....
  • HOT !
    Rangakaian dari produk skincare yang wajib dimiliki baik wanita atauapun pria adalah pelembab atau moisturizer. Dengan menggunakannya secara rutin, dapat memperoleh kulit wajah yang kenyal, halus, dan lembab. Pelembab wajah akan sangat membantu dalam kesehatan wajah, salah satunya adalah terhindari dari kulit kering yang dapat membuat wajah pecah pecah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)