SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Dilewatkan, Yuk Simak Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi!

Sabtu, 27 Juli 2019 23:00 by reinasoebisono | 1878 hits
Sering Dilewatkan, Yuk Simak Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi!
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Berjemur di pagi hari kerap dilewatkan oleh segelintir orang karena sudah terlalu sibuk mempersipakan diri sebelum menjalani aktivitas. Walau identik dilakukan oleh bayi, tak ada salahnya bagi orang dewasa untuk mulai menjadikannya kebiasaan untuk berdiam diri dibawah sinar matahari pagi sejenak.

Sinar matahari paling baik hanya akan muncul di pagi hari sekitar pukul 07.00 – 09.00 dan sayang sekali jika dilewatkan. Manfaat berlimpah tentu akan didapatkan untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Yuk tengok kelima manfaat baiknya.

1. Membunuh bakteri jahat

Pada masa Perang Dunia I, Niels Finsen meneliti bahwa korban perang yang mengalami luka dapat sembuh setelah berjemur di bawah sinar matahari pagi. Dari penemuannya tersebut, Niels mendapatkan Nobel di tahun 1903 karena berhasil membuktikan bahwa gelombang cahaya mampu menyembuhkan penyakit. Sudah terbukti bukan? Sinar matahari juga memiliki efek menguntungkan untuk meredakan gangguan kulit dari bakteri seperti jerawat, eksim dan infeksi jamur.

2. Menurunkan kolestrol

Sinar matahari mampu mengubah kolestrol tinggi dalam darah menjadi hormon steroid yang berguna untuk kesehatan reproduksi. Bagi kamu yang jarang terpapar sinar matahari pagi malah akan rentan mengalami peningkatkan kolestrol yang sangat berbahaya bagi tubuh.

3. Meningkatkan kandungan oksigen dalam darah

Baca juga: Indonesia Akan Alami Fenomena 'Hari Tanpa Bayangan' Pada Bulan September Hingga Oktober

Manfaat lainnya adalah terik matahari pagi dapat memberikan oksigen lebih pada tubuh. Efek yang dihasilkan pun sama seperti dengan berolahraga yakni meningkatkan stamina, kebugaran, serta menguatkan otot. Selain itu, sering berjemur di bawah matahari pagi juga mampu melancarkan peredaran darah sehingga terhindar dari serangan jantung.

4. Membangun sistem kekebalan tubuh

Sering terpapar sinar matahari dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih. Sel ini dapat memproteksi serta meningkatkan daya tahan tubuh dari virus dan bakteri berbahaya.

5. Detoks alami

Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat membantu proses detoks alami guna menghancurkan racun berbahaya dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini ditunjukkan lewat keluarnya keringat saat terpapar di bawah matahari panas.

Perlu diingat bahwa sinar matahari paling baik hanya ada di pagi hari berkat vitamin D yang terkandung ampuh untuk menurunkan risiko kanker. Hindari terpapar sinar matahari di siang hari karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh baik luar maupun dalam.

(ysm)

Komentar
  • HOT !
    Mengunjungi tempat yang menarik, unik serta sedang tren dikalangan warganet memang sangat mengasyikkan. Namun, bagaimana jika tempat yang sedang menjadi perbincangan tersebut merupakan tempat yang menyeramkan?...
  • HOT !
    Pada hari Kamis (5/12/19), Atlet cabang menembak, Vidya Rafika kembali menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas untuk Indonesia....
  • HOT !
    Lingkaran hitam dibawah mata atau yang sering disebut dengan mata panda tentunya dapat mengganggu penampilan. Apalagi jika waktu tidur kita berkurang, maka mata panda akan terlihat semakin jelas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)