home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Dilewatkan, Yuk Simak Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi!

Sabtu, 27 Juli 2019 23:00 by reinasoebisono | 2181 hits
Sering Dilewatkan, Yuk Simak Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi!
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Berjemur di pagi hari kerap dilewatkan oleh segelintir orang karena sudah terlalu sibuk mempersipakan diri sebelum menjalani aktivitas. Walau identik dilakukan oleh bayi, tak ada salahnya bagi orang dewasa untuk mulai menjadikannya kebiasaan untuk berdiam diri dibawah sinar matahari pagi sejenak.

Sinar matahari paling baik hanya akan muncul di pagi hari sekitar pukul 07.00 – 09.00 dan sayang sekali jika dilewatkan. Manfaat berlimpah tentu akan didapatkan untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Yuk tengok kelima manfaat baiknya.

1. Membunuh bakteri jahat

Pada masa Perang Dunia I, Niels Finsen meneliti bahwa korban perang yang mengalami luka dapat sembuh setelah berjemur di bawah sinar matahari pagi. Dari penemuannya tersebut, Niels mendapatkan Nobel di tahun 1903 karena berhasil membuktikan bahwa gelombang cahaya mampu menyembuhkan penyakit. Sudah terbukti bukan? Sinar matahari juga memiliki efek menguntungkan untuk meredakan gangguan kulit dari bakteri seperti jerawat, eksim dan infeksi jamur.

2. Menurunkan kolestrol

Sinar matahari mampu mengubah kolestrol tinggi dalam darah menjadi hormon steroid yang berguna untuk kesehatan reproduksi. Bagi kamu yang jarang terpapar sinar matahari pagi malah akan rentan mengalami peningkatkan kolestrol yang sangat berbahaya bagi tubuh.

3. Meningkatkan kandungan oksigen dalam darah

Baca juga: Ide Gila Ilmuwan Ingin Redupkan Matahari Untuk Cegah Pemanasan Global

Manfaat lainnya adalah terik matahari pagi dapat memberikan oksigen lebih pada tubuh. Efek yang dihasilkan pun sama seperti dengan berolahraga yakni meningkatkan stamina, kebugaran, serta menguatkan otot. Selain itu, sering berjemur di bawah matahari pagi juga mampu melancarkan peredaran darah sehingga terhindar dari serangan jantung.

4. Membangun sistem kekebalan tubuh

Sering terpapar sinar matahari dapat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih. Sel ini dapat memproteksi serta meningkatkan daya tahan tubuh dari virus dan bakteri berbahaya.

5. Detoks alami

Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat membantu proses detoks alami guna menghancurkan racun berbahaya dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini ditunjukkan lewat keluarnya keringat saat terpapar di bawah matahari panas.

Perlu diingat bahwa sinar matahari paling baik hanya ada di pagi hari berkat vitamin D yang terkandung ampuh untuk menurunkan risiko kanker. Hindari terpapar sinar matahari di siang hari karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh baik luar maupun dalam.

(ysm)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)