SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beras Merah Lebih Baik Dibandingkan Dengan Beras Putih Hanyalah Mitos, Inilah Penjelasannya

Kamis, 25 Juli 2019 08:00 by Rie127 | 552 hits
Beras Merah Lebih Baik Dibandingkan Dengan Beras Putih Hanyalah Mitos, Inilah Penjelasannya
Image Source: Klik Dokter

DREAMERS.ID - Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, terutama nasi putih yang wajib ada di meja makan orang Indonesia. Selain beras putih ada juga berbagai jenis beras lainnya yang bisa diolah menjadi nasi.

Contohnya beras merah yang dikenal lebih sehat dibandingkan dengan beras putih. Beras merah juga sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet dan penderita diabetes

Melansir dari Stylecraze berikut ini merupakan penjelasan mengenai 2 jenis beras, yaitu beras putih dan beras merah, manakah yang lebih sehat, apakah beras putih ? atau memang benar beras merah yang lebih sehat?


Image Source: Okezone

Beras putih mengandung 90% karbohidrat, 8% protein, dan 2% lemak. Sedangkan beras merah mengandung sebagian besar dedak, yang membuatnya kaya akan nutrisi. Beras merah juga mempunyai kadar karbohidrat yang lebih rendah dan persentase lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Dilihat dari segi nutrisinya, beras merah memang memiliki banyak nutrisi dibandingkan dengan beras putih. Beras putih tidak memiliki dedak, sedangkan beras merah memiliki dedak.

Hal ini akan menyebabkan beras merah cenderung lebih cepat bau dan membuat rasanya tidak enak. Namun, beras merah mengandung banyak serat dibandingkan dengan beras putih


Image Source: Klik Dokter

Maka dari itu, beras merah cocok di konsumsi oleh orang yang tidak mengkonsumsi makanan lain yang mengandung serat, namun bagi orang yang kebutuhan seratnya sudah tercukupi, hal ini akan menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu beras merah mengandung beberapa zat anti nutrisi yang dapat menghambat penyerapan nutrisi dari sumber makanan lainnya. Untuk menghindari hal ini, biasanya beras merah direndam terlebih dahulu selama 20 menit untuk menghilangkan asam fitat yang merupakan anti-nutrisi utama di dalamnya.

Sedangkan, beras putih sering dikaitkan dengan masalah diabetes karena tingginya jumlah pati di dalamnya. Namun, glukosa yang terdapat dalam pati dan juga karbohidrat didalam beras putih tidak menyebabkan resistensi insulin. Kecuali jika Anda sudah tidak mampu menyerap glukosa, maka kamu tidak bisa makan beras putih.

Jadi, masing-masing beras memiliki manfaat tersendiri bagi setiap kebutuhan individu, baik itu beras merah maupun beras putih.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
     Kota Balikpapan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur merupakan kawasan tambang minyak yang juga memiliki banyak destinasi wisata. Di Balikpapan, Anda tidak hanya dapat berwisata kuliner, tetapi juga bisa menemukan banyak lokasi yang instagrammable....
  • HOT !
    Joe Jonas yang berulang tahun ke 30 pada Kamis (15/8/19) lalu akhirnya merayakan pergantian usianya bersama sahabat dan keluarga dalam sebuah pesta bertema James Bond. Bersama dengan sang istri Sophie Turner, Joe Jonas menampakkan aura yang luar biasa dalam pesta yang digelar di New York tersebut....
  • HOT !
    Rangakaian dari produk skincare yang wajib dimiliki baik wanita atauapun pria adalah pelembab atau moisturizer. Dengan menggunakannya secara rutin, dapat memperoleh kulit wajah yang kenyal, halus, dan lembab. Pelembab wajah akan sangat membantu dalam kesehatan wajah, salah satunya adalah terhindari dari kulit kering yang dapat membuat wajah pecah pecah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)