SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ribuan Orang Indonesia Jadi Korban, Begini Cara Penipuan yang Manfaatkan FaceApp

Selasa, 23 Juli 2019 11:52 by zia92 | 39642 hits
Ribuan Orang Indonesia Jadi Korban, Begini Cara Penipuan yang Manfaatkan FaceApp
Image source: The Week

DREAMERS.ID - Viralnya aplikasi edit foto FaceApp beberapa waktu terakhir ini dimanfaatkan oleh sejumlah pihak tak bertanggung jawab, seperti para scammer atau penipu untuk mengambil keuntungan. Peneliti keamanan dari perusahaan antivirus ESET membongkar bagaimana scammer ini melancarkan aksinya.

Rupanya mereka menggunakan embel-embel versi 'Pro' sebagai umpan untuk memancing pengguna. Sayangnya, kata FaceApp Pro sering dijadikan sebagai rujukan oleh sejumlah reviewer aplikasi, blog dan situs yang mengulas teknologi. Padahal, aplikasi tersebut merupakan versi palsunya.

Dari hasil riset ESET, diketahui ada dua cara yang digunakan untuk menghasilkan uang melalui versi palsu 'Pro' dari FaceApp, yakni membuat situs palsu 'FaceApp Premium' dan video YouTube untuk 'FaceApp Pro'. Menawarkan versi 'Premium' FaceApp secara gratis tentunya sangat menarik, karena biasanya software premium selalu berbayar. 

Pada kenyataannya, scammer mengelabui korbannya untuk mengklik penawaran yang tak terhitung jumlahnya untuk menginstal aplikasi lain dan langganan berbayar, iklan, survei, dan sebagainya. Korban juga menerima permintaan dari berbagai situs yang meminta menampilkan notifikasi. Ketika diaktifkan, pemberitahuan ini menyebabkan penawaran penipuan lebih lanjut.

Selama pengujian ESET, biasanya akan berakhir pada versi gratis FaceApp seperti yang tersedia di Google Play. Bedanya, pengunduhan tidak dilakukan di Google Play melainkan dari layanan populer file sharing mediafire.com. Ini berarti, pengguna bisa dengan mudah berakhir mengunduh berbagai jenis malware jika itu adalah niat para pejahat cyber.

Jenis kedua penipuan menggunakan video YouTube, mempromosikan unduh gratis tautan untuk versi 'Pro' FaceApp. Mereka menggunakan tautan unduhan yang diperpendek, berfungsi untuk membuat pengguna menginstal berbagai aplikasi tambahan dari Google Play. Dalam keterangan, pada tanggal 19 Juli 2019, sebanyak 10.737 orang Indonesia kemungkinan menjadi korban dari FaceApp palsu.

Menanggapi hasil riset ini, IT Security Consultant PT Prosperita - ESET Indonesia Yudhi Kukuh mengingatkan, semenarik apa pun segala sesuatu yang terkait dengan hype di dunia maya, hindari mengunduh aplikasi dari sumber selain toko aplikasi resmi. Pengguna juga diminta cermat memeriksa informasi yang tersedia tentang aplikasi tersebut seperti developer, peringkat, ulasan, dan lain sebagainya. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
     Kota Balikpapan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur merupakan kawasan tambang minyak yang juga memiliki banyak destinasi wisata. Di Balikpapan, Anda tidak hanya dapat berwisata kuliner, tetapi juga bisa menemukan banyak lokasi yang instagrammable....
  • HOT !
    Joe Jonas yang berulang tahun ke 30 pada Kamis (15/8/19) lalu akhirnya merayakan pergantian usianya bersama sahabat dan keluarga dalam sebuah pesta bertema James Bond. Bersama dengan sang istri Sophie Turner, Joe Jonas menampakkan aura yang luar biasa dalam pesta yang digelar di New York tersebut....
  • HOT !
    Rangakaian dari produk skincare yang wajib dimiliki baik wanita atauapun pria adalah pelembab atau moisturizer. Dengan menggunakannya secara rutin, dapat memperoleh kulit wajah yang kenyal, halus, dan lembab. Pelembab wajah akan sangat membantu dalam kesehatan wajah, salah satunya adalah terhindari dari kulit kering yang dapat membuat wajah pecah pecah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)