SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengurangi Mata Minus Dengan Mengkonsumsi Wortel Ternyata Hanyalah Mitos, Kok Bisa?

Selasa, 23 Juli 2019 08:00 by Rie127 | 935 hits
Mengurangi Mata Minus Dengan Mengkonsumsi Wortel Ternyata Hanyalah Mitos, Kok Bisa?
Image Source: Tribun

DREAMERS.ID - Sebagian besar orang-orang percaya bahwa mengkonsumsi wortel dapat mengurangi mata minus. Tidak hanya mata minus, wortel dipercayai dapat menjaga kesehatan mata agar tetap normal dan terhindar dari penyakit mata.

Diketahui, kepercayaan ini berasal dari perang Inggris melawan Jerman. Dalam Perang Dunia II, kementerian udara Inggris menyebarkan berita bahwa mengonsumsi wortel membantu pilot melihat pembom Nazi menyerang di malam hari. Tentu saja kabar itu tidak benar.

Wortel memang sumber vitamin A yang baik dan memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan, kesehatan kulit, pertumbuhan, dan melawan infeksi. Namun, mengkonsumsi wortel tidak akan memerbaiki kondisi penglihatan.


Image Source: Ala Dokter

Wortel sarat akan beta-karoten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang dimana membantu fungsi dasar mata. Misalnya, kamu dari tempat terang lalu masuk dalam ruangan yang gelap. Setelah beberapa menit, mata bisa menyesuaikan diri. Itu karena vitamin A.

Vitamin A disimpan di dalam hati, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan tubuh. Faktanya, vitamin A tidak bisa memerbaiki kerusakan penglihatan yang didapat dari lahir. Tubuh hanya bisa mengubah sejumlah beta-karoten dalam satu waktu.

Bahkan, jika kamu mengkonsumsi wortel terlalu banyak, sisa beta-karoten yang tidak terkonversi akan disimpan di jaringan lemak di bawah kulit. Hal ini menyebabkan kulit dapt berubah menjadi berwarna oranye.

Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A juga dapat menyebabkan rambut rontok. Bahkan, bisa merusak liver atau hati. Menurut The Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, kebutuhan vitamin A harian untuk pria usia 14 tahun ke atas sekitar 900 mcg vitamin A setiap harinya, dan wanita usia 14 tahun ke atas membutuhkan sekitar 700 mcg vitamin A setiap harinya.
 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Kabar viral kemarin seorang pegawai Huawei di Gedung BRI II terjangkit virus corona ternyata dinyatakan tidak terjangkit. Kini seorang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara dittapkan sebagai suspect virus corona....
  • HOT !
    Fenomena virus corona, atau virus Wuhan semakin meresahkan masyarakat diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Walaupun belum terdapat vaksin dan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, namun masyarakat dapat mencegahnya....
  • HOT !
    Instagram dikabarkan merilis fitur baru untuk memberikan peringatan informasi palsu atau hoax bagi para penggunanya. Dikatakan bahwa fitur tersebut dapat mendeteksi foto foto yang telah dimanipulasi secara digital, contohnya melalui software photoshop....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)