SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Bahayanya Mengkonsumsi Nasi Sisa Kemarin

Rabu, 17 Juli 2019 15:50 by Rie127 | 5515 hits
Ternyata Ada Bahayanya Mengkonsumsi Nasi Sisa Kemarin
Image Source: Okezone

DREAMERS.ID - Pernahkah kamu mengkonsumsi nasi yang dipanaskan kembali dari sisa kemarin? Jika pernah, mungkin kamu bisa lebih berpikir dua kali lagi untuk memanaskan kembali nasi sisa kemarin, karena faktanya mengkonsumsi nasi sisa kemarin yang telah dipanaskan dapat mengganggu kesehatan kita.

Dilansir dari Independent.co.uk, National Health Service (NHS), sebuah layanan kesehatan publik di Inggris, Wales, dan Skotlandia, mengatakan bahwa pada saat kita mengkonsumsi nasi sisa kemarin, kita dapat mengalami keracunan, walaupun nasi tersebut sudah dipanaskan kembali.

Namun permasalahannya penyebab keracunan makanan ini disebabkan dari cara bagaimana nasi disimpan setelah dimasak pertama kali, bukan karena nasi tersebut dipanaskan kembali atau tidak.


Image Source: Kompas

Diketahui bahwa beras biasanya mengandung spora Bacillus cereus, sel yang mampu bereproduksi dengan cepat dan bisa merubah menjadi untai bakteri. Jika nasi dibiarkan berada pada suhu kamar setelah dimasak, spora dapat tumbuh menjadi bakteri, yang pada akhirnya akan berlipat ganda.

Baca juga: Beras Merah Lebih Baik Dibandingkan Dengan Beras Putih Hanyalah Mitos, Inilah Penjelasannya

Hal ini dapat menyebabkan keracunan, muntah dan diare. Jadi, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan nasi dengan benar dan bisa memanaskannya kembali.

Maka dari itu, NHS merekomendasikan untuk segera menyajikan nasi setelah dimasak. Lalu dinginkan sisa nasi secepat mungkin, ideal waktu untuk mendinginkan sisa nasi adalah 1 jam.

Setelah itu, simpanlah nasi di kulkas namun tidak boleh lebih dari satu hari sebelum dipanaskan ulang. Terakhir, jangan pernah mencoba memanaskan nasi sisa lebih dari satu kali. 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
     Kota Balikpapan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur merupakan kawasan tambang minyak yang juga memiliki banyak destinasi wisata. Di Balikpapan, Anda tidak hanya dapat berwisata kuliner, tetapi juga bisa menemukan banyak lokasi yang instagrammable....
  • HOT !
    Joe Jonas yang berulang tahun ke 30 pada Kamis (15/8/19) lalu akhirnya merayakan pergantian usianya bersama sahabat dan keluarga dalam sebuah pesta bertema James Bond. Bersama dengan sang istri Sophie Turner, Joe Jonas menampakkan aura yang luar biasa dalam pesta yang digelar di New York tersebut....
  • HOT !
    Rangakaian dari produk skincare yang wajib dimiliki baik wanita atauapun pria adalah pelembab atau moisturizer. Dengan menggunakannya secara rutin, dapat memperoleh kulit wajah yang kenyal, halus, dan lembab. Pelembab wajah akan sangat membantu dalam kesehatan wajah, salah satunya adalah terhindari dari kulit kering yang dapat membuat wajah pecah pecah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)