SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Bahayanya Mengkonsumsi Nasi Sisa Kemarin

Rabu, 17 Juli 2019 15:50 by Rie127 | 5564 hits
Ternyata Ada Bahayanya Mengkonsumsi Nasi Sisa Kemarin
Image Source: Okezone

DREAMERS.ID - Pernahkah kamu mengkonsumsi nasi yang dipanaskan kembali dari sisa kemarin? Jika pernah, mungkin kamu bisa lebih berpikir dua kali lagi untuk memanaskan kembali nasi sisa kemarin, karena faktanya mengkonsumsi nasi sisa kemarin yang telah dipanaskan dapat mengganggu kesehatan kita.

Dilansir dari Independent.co.uk, National Health Service (NHS), sebuah layanan kesehatan publik di Inggris, Wales, dan Skotlandia, mengatakan bahwa pada saat kita mengkonsumsi nasi sisa kemarin, kita dapat mengalami keracunan, walaupun nasi tersebut sudah dipanaskan kembali.

Namun permasalahannya penyebab keracunan makanan ini disebabkan dari cara bagaimana nasi disimpan setelah dimasak pertama kali, bukan karena nasi tersebut dipanaskan kembali atau tidak.


Image Source: Kompas

Diketahui bahwa beras biasanya mengandung spora Bacillus cereus, sel yang mampu bereproduksi dengan cepat dan bisa merubah menjadi untai bakteri. Jika nasi dibiarkan berada pada suhu kamar setelah dimasak, spora dapat tumbuh menjadi bakteri, yang pada akhirnya akan berlipat ganda.

Baca juga: Beras Merah Lebih Baik Dibandingkan Dengan Beras Putih Hanyalah Mitos, Inilah Penjelasannya

Hal ini dapat menyebabkan keracunan, muntah dan diare. Jadi, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan nasi dengan benar dan bisa memanaskannya kembali.

Maka dari itu, NHS merekomendasikan untuk segera menyajikan nasi setelah dimasak. Lalu dinginkan sisa nasi secepat mungkin, ideal waktu untuk mendinginkan sisa nasi adalah 1 jam.

Setelah itu, simpanlah nasi di kulkas namun tidak boleh lebih dari satu hari sebelum dipanaskan ulang. Terakhir, jangan pernah mencoba memanaskan nasi sisa lebih dari satu kali. 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Mengunjungi tempat yang menarik, unik serta sedang tren dikalangan warganet memang sangat mengasyikkan. Namun, bagaimana jika tempat yang sedang menjadi perbincangan tersebut merupakan tempat yang menyeramkan?...
  • HOT !
    Pada hari Kamis (5/12/19), Atlet cabang menembak, Vidya Rafika kembali menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas untuk Indonesia....
  • HOT !
    Lingkaran hitam dibawah mata atau yang sering disebut dengan mata panda tentunya dapat mengganggu penampilan. Apalagi jika waktu tidur kita berkurang, maka mata panda akan terlihat semakin jelas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)