SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dampak Positif 'Ngemil' Yang Jarang Di Ketahui, Salah Satunya Mengurangi Resiko Diabetes

Selasa, 16 Juli 2019 13:16 by Rie127 | 1018 hits
Dampak Positif 'Ngemil' Yang Jarang Di Ketahui, Salah Satunya Mengurangi Resiko Diabetes
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Mengkonsumsi makanan ringan, atau ngemil kerap dihindari bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan ngemil sering dianggap sebagai salah satu alasan mengapa berat badan naik.

Selain itu, memilih cemilan yang salah juga berdampak buruh bagi kesehatan, apalagi jika kamu terbiasa mengkonsumsi makanan yang berminyak dan mengandung kadar gula yang tinggi.

Namun, dilansir dari littlethings, jika kamu memilih cemilan yang sehat dan bergizi, ngemil akan berdampak baik bagi tubuh. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi cemilan sehat bagi kesehatan

1. Ngemil dapat memenuhi beragam nutrisi

Ngemil dapat meningkatkan asupan nutrisi dan memungkinkan untuk mendapatkan manfaat dari berbagai jenis makanan. Jika kamu membutuhkan tambahan protein, vitamin, dan serat. Menambahkan lebih banyak makanan yang mengandung nutrisi maka hal ini dapat memberikan asupan pada tubuh.

2. Mencegah makan berlebihan

Bagi yang sedang menjalani program dier, tentunya kalian pernah menolak cemilan. Livestrong menyarankan mengemil makanan sehat, seperti selai kacang, keju, dan buah. Ngemil pun akan membuat kamu lebih semangat dan bahagia,

3. Mengurangi rasa lelah yang biasa terjadi pada sore hari

Saat kamu terjebak antara waktu makan siang dan makan malam, pastinya kamu akan menahan lapar sampai kamu bisa makan lagi, yang mengakibatkan lesu dan menjadi kurang produktif.

Namun, memberi asupan dengan cara ngemil di sela-sela waktu makan akan membantu untuk menjaga energi agar tetap baik. Tetapi memilih cemilan juga harus diperhatikan, karena beberapa cemilan akan menimbulkan rasa ngantuk seperti roti, pasta, dan daging.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Memilih kacang-kacangan untuk dijadikan cemilan sangat baik bagi tubuh. Karena kacang-kacangan dapat menyehatkan jantung, dan membuat aliran darah lancar

Jadi, walaupun kamu sedang menjalani program diet, ingatlah bahwa metabolisme tubuh juga harus berjalan secara optimal.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Menurut American Dietetic Association, ngemil dapat meningkatkan konsentrasi. Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatan cemilan yaitu, blueberry, alpukat, atau cokelat.

Baca juga: Dampak Posiitf 'Ngemil' Yang Jarang Di Ketahui, Salah Satunya Mengurangi Resiko Diabetes

Hal tersebut akan membuat Kamu lebih mudah untuk belajar di sekolah, menyelesaikan pekerjaan di kantor, dan merasa senang ketika jalan-jalan dengan teman

6. Lebih Rendah Kolesterol

Ngemil pun dapat mempengaruhi lemak darah, karena memberikan asupan kolesterol lebih banyak di tubuh. Hal ini bisa terjadi jika kamu memilih makanan yang tidak sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan, enam kali atau lebih dalam sehari, sebenarnya memiliki total kadar kolesterol pada darah lebih rendah daripada mereka yang tidak.

7. Memberi energi untuk lebih aktif

Makan akan memberikan kita energi untuk beraktivitas sepanjang hari, dan ini membuat kita menjadi lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaan.

Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menjelaskan bahwa ketika Kamu mengunyah, ada saraf yang dapat merangsang otak untuk lebih aktif. Oleh karena itu, ngemil bisa membuat mood menjadi lebih positif.

8. Mengontrol Gula Darah

Ngemil dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Apa yang kamu makan akan memiliki efek besar pada darah dan tubuh, terlepas dari apakah kita perlu mengaturnya.

The European Food Information Council berpendapat bahwa makan sedikit sepanjang hari, akan membantu tubuh kamu menyeimbangkan gula darah secara bertahap sepanjang hari.

9. Mengurangi resiko diabetes dan sakit jantung

Selain bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan kolesterol, ngemil juga dapat mengurangi peluang terkena diabetes dan penyakit jantung.

 

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir berat badan akan naik. Jika kamu tepat dalam memilih makanan sehat untuk dijadikan cemilan, maka hal ini akan berdampak baik bagi tubuh. Selain nutrisi dalam tubuh terpenuhi, ngemil juga merupakan cara yang efektif dalam memperbaiki mood.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Liburan ke Korea Selatan memang tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Myeongdong. Selain dikenal sebagai pusat belanja yang lengkap serta murah meriah, ternyata Myeondong punya banyak kuliner yang wajib dicicipi, lho!...
  • HOT !
    Meski sedang tidak aktif di dunia akting maupun menyanyi, Krystal f(x) berhasil membuktikan pengaruhnya di dunia fashion. Ia baru saja menerima penghargaan bergengsi dari gelaran Madame Figaro Fashion Gala di Cina....
  • HOT !
    Pada 4 Desember, digelar event tahunan Qualcomm Snapdragon Tech Summit di Hawaii. Dalam acara tersebut, Oppo mengumumkan bahwa mereka akan menjadi salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan smartphone 5G yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm® Snapdragon ™ 865 di kuartal pertama 2020....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)